Bukit Daun, bukit eksotis dengan danau kaki yang mempesona di Rejang Lebong - WisataHits
wisatahits

Bukit Daun, bukit eksotis dengan danau kaki yang mempesona di Rejang Lebong

Menikmati keindahan alam dari ketinggian adalah satu hal menarik dan sangat diteliti. Satu dari tempat kaya akan pesona alam, bukit daun di Rejang Lebongbangalore. Ujungnya bisa menikmati panorama alam yang mempesona yang ditambah dengan pesona megahnya Lac du Pied.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Talang Low, Kec. Nasal, Kab. Kaur, Benkulu; Kasus: Cek lokasi

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang menyuguhkan keragaman wisata yang luar biasa. Salah satu yang membanggakan daerah ini tentu saja wisata alamnya. Ya, wisata alam memang tersebar luas di pulau sumatera, khususnya di daerah bengkulu ini.

Dan diantara sekian banyak pilihan wisata alam, Bukit Daun Rejang Lebong menjadi destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bagi pecinta alam, nama Daun Rejang tentu sudah tidak asing lagi.

Destinasi ini merupakan gunung api yang memiliki tipe gunung api Stratovolcano. Namun masyarakat sekitar dan juga para wisatawan yang datang menyebutnya sebagai bukit yang indah, karena ketinggian gunung ini sekitar 2.467 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sebenarnya cukup berbahaya karena masih merupakan gunung berapi aktif.

Atraksi Bukit Daun

Atraksi Bukit DaunKredit Gambar: Google Maps M Farkhan Mubarok

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan Duan Rejang di Bengkulu. Berikut adalah beberapa atraksi yang membuatnya layak untuk ditelusuri lebih lanjut.

1. Danau Kaki

Jika Anda adalah penggemar olahraga gunung atau pendakian, destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang paling tepat untuk mengekspresikan kegemaran Anda terhadap kegiatan pendakian gunung. Saat Anda naik ke Bukit Daun, Anda akan disambut oleh sebuah danau yang sangat indah bernama Telapak Kaki.

Danau tersebut diberi nama Danau Jejak Kaki karena bentuk danaunya yang menyerupai kaki manusia yang sangat besar. Danau ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dengan air yang masih sangat jernih dan terjaga kebersihannya. Di sekitar danau juga ditumbuhi pepohonan hijau yang memanjakan mata.

Kehijauan yang mengelilingi danau membuat suasana sangat sejuk dan tenang, bahkan ada yang membawa perahu karet hanya untuk bersantai sambil berkeliling danau. Danau ini sangat aman karena tidak terlalu dalam. Selain itu, di dalam danau tidak terdapat binatang buas seperti buaya, ular atau binatang lainnya.

2. Matahari terbit yang mempesona

Bagi pengunjung yang berkemah di sekitar bukit, menunggu matahari terbit jelas merupakan suatu keharusan. Saat kamu memiliki jadwal untuk camping di Leaf Hill, pastikan kamu tidak melewatkan momen untuk menunggu matahari terbit.

Dengan pemandangan hijau di sekitar bukit dan ditemani kicauan burung di hutan, pasti akan membuat suasana matahari terbit semakin sempurna untuk dinikmati dan dikenang saat kembali ke rumah.

3. Hutan lindung

Hutan lindung di sekitar Bukit Daun Rejang Lebong memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Di sini terdapat berbagai hewan dan tumbuhan yang masih terjaga kelestariannya.

Kawasan hutan lindung ini sangat luas, mencapai sekitar 8-9 hektar. Hal ini membuat keberadaan flora dan fauna yang masih sangat terjaga di sana. Saat Anda berada di hutan lindung, Anda akan disambut oleh berbagai satwa liar seperti kicau monyet, kicau burung, rusa, dan masih banyak hewan endemik lainnya.

Hutan lindung ini juga menjadi sumber pendapatan dan sumber kehidupan masyarakat sekitar hutan. Karena mereka memanfaatkan hutan untuk kebutuhan sehari-hari seperti kayu, damar, rotan, buruan, madu dan masih banyak lagi.

Alamat dan rute menuju lokasi Bukit Daun

Alamat Bukit DaunKredit gambar: Instagram @adiydmj

Lokasi destinasi wisata ini berada di provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Rejang Lebong, Kec. Bermani Ulu, di sebuah desa bernama Baru Manis. Bila ingin ke Bukit Daun Rejang Lebong, keberangkatan ke tempat tersebut harus dari kota Lebong.

Setelah itu, Anda bisa pergi ke sebuah desa bernama Kampung Melayu yang terletak di sebuah kecamatan bernama Bermani Ulu. Pendakian dimulai dari perkebunan teh di Bermani Ulu. Di sini Anda akan disambut dengan panorama yang luar biasa.

Ketika Anda mulai mendaki dan menghadapi medan yang menanjak, Anda harus berhati-hati dalam memilih jalur. Memang, nantinya Anda akan menemukan banyak persimpangan jalan. Jika Anda kehabisan air di tengah perjalanan, di Bukit Daun persediaan airnya melimpah. Saat Anda berjalan ke Vault 2, Anda akan melewati hutan lumut.

Rute yang ditempuh cukup panjang karena perjalanan dari halte pertama ke halte kedua akan memakan waktu yang lama dan juga akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian, ketika Anda sampai di tempat perlindungan kedua, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke puncak bukit. Perjalanan ke atas bukit akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke Bukit Daun

Biaya Bukit DaunKredit gambar: Facebook Arif Azhari

Untuk bisa menikmati keindahan Bukit Daun Rejang Lebong, pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah tiket masuk. Pasalnya, tempat wisata ini tidak mematok harga tiket masuk yaitu gratis.

Tetapi ketika Anda berada di sana, Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah uang untuk kebutuhan Anda selama berada di sana. Dan juga menyiapkan biaya sewa tempat tinggal sementara, biaya hidup di Bengkulu, serta biaya transportasi.

Jika Anda berangkat dari luar daerah, misalnya dari ibu kota Jakarta menuju Bengkulu dan menggunakan transportasi berupa pesawat terbang, maka biaya transportasi yang ditawarkan cukup bervariasi untuk setiap maskapai.

Harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 untuk sekali jalan. Dan juga biaya sebaliknya jika ingin kembali ke Jakarta.

Namun, jika Anda penduduk kota Bengkulu, biaya yang dikeluarkan untuk menuju ke tempat ini lebih murah dibandingkan jika Anda berasal dari luar kota Bengkulu. Anda hanya perlu membawa kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua, dan tidak perlu memikirkan biaya akomodasi saat berlibur. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan untuk menuju Bukit Daun.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Bukit Daun

Hal yang Dapat Dilakukan di Bukit DaunKredit Gambar: Instagram Dian Sepriawan

1. Nikmati keindahan panorama dari atas bukit

Saat berada di atas bukit, Anda bisa melihat keindahan perbukitan yang berjajar sempurna di sekitar bukit yang rindang ini. Perbukitan di sekitarnya memiliki pemandangan yang sangat bagus sehingga sayang untuk dilewatkan. Dari atas sana, Anda bisa mengagumi ciptaan Tuhan yang diturunkan di sebuah provinsi bernama Bengkulu.

Saat malam tiba, dari atas bukit, Anda bisa melihat indahnya lampu-lampu rumah warga sekitar yang menghiasi keindahan malam. Dan ketika hari berganti pagi, Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbit yang indah dari sisi timur. Cahayanya sangat terang untuk menghangatkan tubuh saat berada di atas bukit.

2. Berkemah dengan udara segar

Jika ingin menikmati keindahan bukit di pagi atau sore hari, pendaki sangat disarankan untuk bermalam di atas bukit. Anda tidak perlu khawatir, karena di sini nantinya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Dengan demikian, suasana camping akan lebih menyenangkan.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah mempersiapkan perlengkapan camping dengan sebaik-baiknya agar semuanya berjalan lancar.

3. Berburu foto keren

Saat sampai di puncak Bukit Daun Rejang Lebong, jangan lupa abadikan setiap momennya. Pemandangan indah dari atas bukit pasti bisa dijadikan oleh-oleh.

Tak heran jika banyak pendaki yang berfoto dengan latar belakang pohon hijau yang rimbun, atau dengan latar belakang matahari terbit yang indah.

4. Mengenal berbagai hewan dan tumbuhan unik

Bukit Daun terkenal dengan berbagai tanaman unik yang tumbuh di sana. Oleh karena itu, jika Anda datang ke tempat ini, cobalah untuk melihat atau bahkan mengenali berbagai jenis tumbuhan seperti kantong semar, katak dan lain-lain.

Salah satu yang paling terkenal adalah bunga bangkai, atau biasa dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Ya, bunga terbesar dan terlangka di dunia memang ditemukan di sini. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke bukit ini.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Daun Rejang Lebong

Fasilitas di Bukit DaunKredit gambar: Facebook Hotel Sandhyka

Fasilitas di Bukit Daun Rejang Lebong bisa dibilang kurang lengkap dibandingkan fasilitas di tempat wisata pada umumnya. Tak heran memang, karena tempat wisata ini berada di tengah hutan.

Disini hanya terdapat fasilitas seperti shelter untuk perhentian sementara jika ingin beristirahat, kamar mandi, perumahan bagi warga sekitar, dan juga di kaki bukit terdapat rumah-rumah yang menjual berbagai kebutuhan.

Tak jarang banyak warga sekitar yang menjual hasil alam dari bukit ini kepada pengunjung atau wisatawan yang datang. Sehingga membuat perekonomian masyarakat Rejang Lebong semakin maju dengan menjual hasil alam dan pertanian. Oleh karena itu, Anda bisa membeli barang-barang yang dijual sebagai oleh-oleh saat ingin kembali ke kota Anda.

Ini adalah ulasan tentang bukit indah bernama Bukit Daun di Rejang Lebong di Provinsi Bengkulu. Destinasi wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang mencintai alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button