Bukan hanya festivalnya, ini adalah destinasi yang bisa dikunjungi di Dieng - WisataHits
Yogyakarta

Bukan hanya festivalnya, ini adalah destinasi yang bisa dikunjungi di Dieng

harianjogja.com, JAKARTA – Desa Wisata Dieng Kulon menggelar Dieng Culture Festival (DCF) ke-13 dengan tema Return of the Light. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 September 2022.

Pengunjung yang datang ke festival di Dataran Tinggi Dieng dapat menikmati acara seru seperti Dieng Clean Action, QRIS Jazz Di Atas Awan, Festival Lampion, Karnaval Budaya dan Pemotongan Dread, serta Talk Show Kulturkongkow dan Ngopi Ngapak.

Memotong rambut gimbal merupakan ritual dalam rangkaian Festival Budaya Dieng yang paling ditunggu oleh pengunjung. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu tokoh pemerintah daerah yang mengikuti ritual tersebut.

“Kami menjaga tradisi dan merawatnya. Rambut gimbal dipotong. Dalam arak-arakannya mengandung beberapa permintaan yang harus dipenuhi. Ada yang minta bebek, ada yang minta sepeda, motor listrik, dll. Bahkan ada yang minta ke saya. potong rambut,” tulis Ganjar. dikutip dari laman Instagram miliknya, Sabtu (3/9/2022).

Mulai dari Bisnis.com, Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif ini bertujuan tidak hanya untuk memperkenalkan potensi pariwisata dan seni budaya kepada masyarakat luas sebagai daerah tujuan wisata, tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang dimulai pada saat itu. melalui penggunaan lahan besar-besaran melalui pertanian melemah. Ternyata pariwisata muncul sebagai penunjang di samping pertanian.

Baca Juga: Resmi Naik, Ini Harga Terbaru Pertalite, Solar dan Pertamax

Salah satu highlights dari DCF 2022 adalah Lentera Gebyar dengan penerbangan lampion dan kembang api di malam hari untuk menampilkan keindahan alam malam dari Dataran Tinggi Dieng.

Selain menjadi atraksi rutin tahunan, pengunjung juga dapat menjelajahi kawasan sekitar Dieng, termasuk candi, kawah, dan pegunungan.

Pengunjung DCF 2022 dapat mengunjungi beberapa candi yang ada di kawasan tersebut antara lain Kompleks Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima dan Dwarawati. Candi Arjuna yang terletak di Dataran Tinggi Dieng sendiri diyakini sebagai candi tertua yang diperkirakan dibangun oleh Dinasti Sanjaya Mataram Kuno pada abad ke-8 Masehi.

Destinasi lainnya adalah kawah di sekitar Dieng seperti Kawah Sikidang, Kawah Sileri dan Kawah Candradimuka. Pengunjung dari kawasan pura dapat mengunjungi kawah terdekat yaitu Kawah Sikidang.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng juga disuguhkan oleh berbagai danau seperti Telaga Varna, Telaga Pengilon dan Telaga Cebong. Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, Telaga Varna dikelilingi perbukitan tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitarnya.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button