Bukan cuma candi, 10 wisata Klaten ini bagus untuk penyembuhan ringan - WisataHits
Jawa Tengah

Bukan cuma candi, 10 wisata Klaten ini bagus untuk penyembuhan ringan

clat

Wisata di Klaten lho, selain berbagai candi, banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Ini cocok untuk istirahat sejenak di tengah kesibukan kerja.

Klaten, Jawa Tengah tidak hanya menawarkan wisata candi saja lho. Ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata religi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pada Selasa (12/6/2022) detikcom merangkum pariwisata di Klaten yang tidak kalah menarik dengan daerah lain di Jawa Tengah.

1. Desa Gir Pasang

Gir Pasang adalah sebuah desa di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Hal unik dari desa ini adalah Anda bisa sampai di sini dengan lift gondola.

Pemandangan alamnya juga luar biasa, gondola, 1001 anak tangga dan kopi khas Gir Pasang. Pengunjung bisa menaiki gondola yang berada sekitar 150 meter di atas ngarai. Hanya dengan Rp 60.000 per 4 orang pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam Gir Pasang dari atas.

2. Taman Kalimosodo

Kalimosodo yang awalnya merupakan saluran air kuno, kini menjadi obyek wisata NgehitsKalimosodo, awalnya saluran air kuno, sekarang menjadi objek wisata Ngehits Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Pertama, ada Taman Kalimosodo. Berada di Desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, objek wisata ini awalnya hanya berupa sungai dengan bekas jalur air purba di dekatnya. Harga tiketnya hanya Rp 5.000, tapi kalau ada pentas seni harganya Rp 10.000.

Di sini traveler bisa berfoto dengan latar belakang sungai kuno bekas peninggalan zaman penjajahan Belanda. Jurang itu disebut Plengkung Pitu. Ada spot foto lain yang tak kalah menarik.

3. Umbul Manten

Umbul Manten terletak di Desa Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul dalam bahasa Jawa berarti mata air. Maka tidak heran jika destinasi yang satu ini juga menawarkan wisata air.

Umbul Manten masih menawarkan wisata air yang sangat alami. Selain airnya yang sangat jernih, kolam di Umbul Manten juga dikembangkan sealami mungkin. Sisi-sisi kolam dihiasi dengan pohon-pohon besar yang membuatnya tampak hijau dan segar.

Harga tiket masuk ke Umbul Manten sangat terjangkau. Traveler hanya perlu membayar sekitar Rp10.000 per orang untuk masuk ke tempat wisata ini.

4. Bulan Sungai Baru Klaten

Outbond dan Camping River Moon Kali PusurOutbound dan Camping River Moon Kali Pusur Foto: Achmad Syauqi/detikcom

New River Moon Klaten terletak di Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. River Moon merupakan destinasi wisata yang menawarkan atraksi yang cukup lengkap. Mulai dari wisata kuliner di restoran hingga wahana outdoor.

Traveler yang suka mencoba berbagai makanan bisa mencoba masakan yang berbeda di River Moon Resto. Namun, traveler yang suka berpetualang bisa mencoba river tubing dan bermain di arena outbond.

Untuk river tubing, traveler cukup membayar Rp 15.000 saja untuk jarak 500 meter dan Rp 40.000 untuk jarak 2 kilometer. Harga yang ditawarkan untuk penerbangan sekali jalan bervariasi tergantung paket yang dipilih. Kisaran harganya mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 90.000.

5. Umbul Ponggok

Foto bawah air dengan kostum putri duyungFoto bawah air di Umbul Ponggok Foto: detikTravel

Bagi Anda yang menyukai permainan air, Umbul Ponggok tentunya tidak boleh dilewatkan. Kawasan objek wisata air ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Di sini kamu bisa bermain air sampai puas. Air di Umbul Ponggok sangat jernih bahkan Anda bisa berfoto di bawah air dengan berbagai properti yang tersedia di sana.

6. Resto Ketje

Terakhir ada Ketjeh Resto, objek wisata yang dikelola Desa Bumdes Wangen, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Destinasi ini dulunya hanya sebuah kolam dengan selada air dan kangkung. Berkunjung ke tempat tersebut, wisatawan disuguhi menu khas ikan air tawar dan panorama Instagram.

Restoran yang diberi nama Ketjeh Resto ini mengusung konsep restoran semi outdoor dan terbilang unik. Pengunjung bisa ketjeh (bermain di air dangkal) sambil makan atau selfie di tengah aliran air yang jernih.

Puluhan meja kayu bercorak etnik dan minimalis tertata di tengah genangan air setinggi mata kaki. Wisatawan bisa bermain air sambil duduk makan.

7. Kali Talang

Destinasi wisata di Klaten ini terletak di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Ekowisata Kali Talang atau Kali Talang menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang indah.

Lokasi destinasi ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Jadi destinasi yang layak dikunjungi untuk menikmati keindahan Merapi dari dekat tanpa harus mendaki.

Harga tiket masuk kawasan ini sangat terjangkau. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 2.000 saja traveler sudah bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

8.Umbul Siblarak

Umbul Siblarak merupakan salah satu tempat wisata pantai di Kecamatan Polanharjo, Klaten. Meski belum sepopuler Umbul Ponggok atau Umbul Manten, kolam mata air ini menawarkan suasana yang sejuk dan eksotis.

Udara sejuk persawahan yang nyaman dinikmati sambil berenang atau menyeruput kopi di kebun menjadi tawaran menarik di Umbul Siblarak. Meski panas, kawasan Umbul terasa teduh dengan gemericik air Umbul Manten yang menjadi suplai utama tambak.

9. Masjid Mayasa

Masjid Majasem terletak di Dusun Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Klaten, hanya sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor.

Masjid Majasem berusia ratusan tahun dan telah beberapa kali dipugar. Menurut Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid Majasem Sugimin, masjid ini didirikan pada tahun 1385 dan pernah menjadi tempat berkumpul dan berdakwah Wali Songo.

Selain kuno, masjid yang berusia beberapa abad ini juga memiliki keistimewaan lain. Ternyata masjid itu sudah beberapa kali berganti nama. Sebelum era kemerdekaan, masyarakat setempat menyebut masjid Baitul Makmur.

10. Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak di Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat. Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam Klaten dengan banyak spot instagramable.

Berbagai lokasi ini meliputi jembatan, titik pandang cinta, pilar cinta, gembok cinta, dan sarang cinta. Nikmati pemandangan sawah dan kota Klaten dari jauh.

Nah itulah 10 tempat wisata di Klaten yang bisa traveler kunjungi.

Simak Video “Puluhan Pasangan di Klaten Ikut Nikah Massal, Pengantin Tertua 80 Tahun”
[Gambas:Video 20detik]
(simbol/ddn)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button