Bugisan Klaten Ikuti Pilihan Desa Wisata Nasional Sabet Harapan II ADWI 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Bugisan Klaten Ikuti Pilihan Desa Wisata Nasional Sabet Harapan II ADWI 2022

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berhasil meraih penghargaan dalam ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

Pada acara tersebut, Bugisan Village menempati posisi kedua untuk kategori Creative Digital.

Penghargaan ADWI 2022 diserahkan pada Minggu (30 Oktober 2022) oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif di Aula Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Baca Juga: Korut Luncurkan Rudal Balistik di Pulau Ulleungdo Sebagai Bukti Ancaman, Ini Tanggapan Korsel

Pemilihan Desa Bugisan dalam kategori digital kreatif semakin mengukuhkan Bugisan sebagai destinasi desa wisata pilihan Tanah Air.

Seperti diketahui, Desa Wisata Bugisan termasuk dalam 50 besar dari 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Pemuda (Disbudporapar) Klaten Sri Nugroho mengatakan, terpilihnya Desa Bugisan sebagai desa digital dan kreatif diharapkan dapat menginspirasi desa wisata lainnya di Kabupaten Klaten.

Ia meyakini bahwa setiap desa di Klaten memiliki potensinya masing-masing dan dapat bangkit, berkreasi dan terus maju dalam menciptakan potensi kearifan lokal yang berkelanjutan dan seimbang.

“Momen ini menjadi peluang untuk merevitalisasi desa wisata sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Klaten. Kami berharap desa wisata lainnya terus menggali potensi lokal dan maju lebih jauh lagi,” ujarnya, Rabu (11/2/2022). ).

Menurut Nugroho, desa Bugisan mulai berkembang menjadi desa wisata tepatnya pada tahun 2016 dengan diadakannya Festival Candi Kembar, dan menjadi acara tahunan hingga saat ini.

Kepala Desa Bugisan Heru Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klaten dan seluruh masyarakat yang telah mendukung Bugisan untuk mencapai prestasinya saat ini.

“Harapan kami pencapaian ini menjadi awal dari semangat baru untuk terus memajukan Desa Wisata Bugisan,” kata Heru.

Baca juga: UPDATE Gunung Merapi 2 November 2022: Tercatat 9 Gempa

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dalam rangka program Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022.

Pantauan TribunJogja.com, Sandi tiba pada Jumat (7/1/2022). Ia pernah mengunjungi kompleks candi Plaosan yang sering disebut Candi Kembar.

Dia juga terlihat berbicara kepada pengunjung. Kemudian Sandi naik kereta ke tempat tersebut dan disambut dengan tarian Jaranan.

“Dari 3.500 peserta, Desa Bugisan berhasil masuk 50 besar dan itu prestasi yang patut kita banggakan,” ujarnya saat berkunjung ke Desa Bugisan.

Menurut Sandiaga, daya tarik wisata di desa Bugisan adalah wisata pura. Hal ini dikarenakan di desa tersebut terdapat sebuah bangunan kuno bernama Candi Plaosan yang memiliki nilai sejarah tersendiri.

“Selain candi, tentunya keunggulan desa wisata ini adalah kualitas eco-printing yang sudah kita lihat sebelumnya sangat bagus. Saya kira ini bisa kita perkenalkan lebih luas dan ikut serta dalam program kebanggaan bangsa. gerakan buatan Indonesia.” dia menjelaskan. (Dupa)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button