BSFF menawarkan kualitas kuliner bintang lima dengan harga jalanan - WisataHits
Jawa Timur

BSFF menawarkan kualitas kuliner bintang lima dengan harga jalanan

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak saat membuka BSFF V di pelataran Balai Kota Batu, Jumat sore (11/11).

Steinstadt, Bhirawa

Selama Batu Street Food Festival (BSFF) 2022, setidaknya terjadi 10.000 transaksi di bidang kuliner. Kegiatan yang berlangsung di pelataran Balaikota Batu selama tiga hari ini berakhir pada Minggu (13/11/2020) di hari terakhir).

Ini merupakan agenda tahunan sebagai hasil kerjasama yang baik antara PHRI Kota Batu dan pemerintah kota setempat. Ketua DPC Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi mengatakan kegiatan BSFF merupakan event kuliner terbesar yang diadakan di Kota Batu setiap tahunnya.

Event ini menjadi wadah kreasi kuliner yang bisa dinikmati oleh para pecinta kuliner di tanah air bahkan wisatawan mancanegara. “BSFF 2022 ini merupakan event yang kelima. Ada sekitar 45 tenant dari berbagai usaha pariwisata di Batu, seperti hotel dan restoran yang sebagian besar merupakan anggota PHRI Cabang Batu, dan 15 orang enggan dari sponsor,” kata Sujud saat dikonfirmasi, Minggu (13 November).

Ia menjelaskan, BSFF 2017 awalnya merupakan inisiatif penuh dari PHRI Kota Batu. Pada acara pembukaan, PHRI dibiayai sendiri melalui dukungan sponsor.

Baru kemudian dalam pelaksanaan tahun kedua hingga keempat BSFF didukung penuh oleh Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, sehingga dianggarkan melalui APBD Kota Batu.

“Di tahun kelima ini, PHRI melalui Panitia BSFF berupaya lebih mandiri dengan menggali sumber pendanaan sendiri di luar APBD. Namun dinas pariwisata tetap memberikan dukungan melalui perizinan bahkan meminjamkan layar LED berukuran besar,” terang Sujud.

Sujud mengatakan event tahunan ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pengunjung dan wisatawan dari berbagai daerah untuk datang ke Batu. Untuk itu, tenant berupaya menawarkan jajanan kaki lima atau pedagang kaki lima (PKL) dengan harga terjangkau. Namun kuliner ini diracik oleh chef dari hotel dan restoran di Kota Batu.

“Di BSFF ini, pengunjung bisa mencicipi makanan seperti di hotel bintang lima, tapi tetap dengan harga jalanan. Kami selalu mengatakan itu,” tambah Sujud.

Diketahui, BSFF 2022 dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, pada Jumat sore (11/11). Ia menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya BSFF kelima ini.

“Saya sangat bersyukur Kota Batu menjadi salah satu kota yang bisa menjadi daya tarik bagi semua wisatawan, termasuk kulinernya,” kata Arumi.

Selama pembukaan, pengunjung tidak hanya bisa membeli makanan dan minuman. Namun Anda juga bisa menyaksikan langsung memasak bersama salah satu chef lulusan 8 Master Chef Indonesia, yaitu Chef Brian.

Selain live cooking, acara ini juga menampilkan berbagai lomba menarik lainnya, seperti: B. Kontes Memasak, E-Sports Mobile Legends, Kontes Mini Vlog, dan Kontes Booth. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan dance, Korean dance, serta live music dan DJ.

Arumi berharap Batu Street Food Festival 2022 dapat mendorong sektor hotel dan restoran. “Semoga Batu Street Food Festival 2022 sukses dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Wisata Batu,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Walikota Batu H. Punjul Santoso. Ia berharap acara ini dapat menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Batu.

“Seni kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Dengan acara ini, setiap orang yang datang ke Kota Batu bisa menikmati kuliner berkualitas bintang lima dengan harga kaki lima,” kata Punjul. [nas.dre]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button