BPSDMP Kominfo Yogyakarta Gelar Pelatihan Akademi Tematik Lagi – Halo Semarang - WisataHits
Yogyakarta

BPSDMP Kominfo Yogyakarta Gelar Pelatihan Akademi Tematik Lagi – Halo Semarang

HALO SEMARANG – Sebanyak 120 peserta akan mengikuti pelatihan Thematic Academy (TA) yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kominfo Yogyakarta (BPSDMP) di Kota Semarang mulai Selasa hingga Kamis (6-8 September 2022) di Gets Hotel Semarang. Kegiatan ini merupakan program pengembangan beasiswa bagi digital talent Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Diskominfo Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Topik pelatihan tiga hari ini adalah Akademi Pembuat Konten Video Jawa Tengah. Diharapkan peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah memiliki pengetahuan tentang pembuat konten video media sosial (social media).

Fibriyani Nur Aliya, peneliti dan humas BPSDMP Kominfo Yogyakarta, mengatakan topik yang diangkat dalam pelatihan ini paling banyak diminati oleh para pemula atau yang sudah masuk sebagai praktisi, baik YouTuber maupun selebriti.

“Berbeda dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya, kami memfokuskan dan membidik konten video terkait atraksi wisata, baik dari segi jumlah peserta maupun untuk event khusus ini. Nantinya, peserta akan diberikan materi dasar tentang aturan atau regulasi UU ITE. Terutama terkait konten video yang diposting di media sosial. Kemudian mereka dilatih teknik fotografi dan juga dalam membuat atau memproduksi video, mengeditnya dan mengunggahnya ke media sosial masing-masing.”

Persyaratannya adalah KTP Jateng usia 17-49 tahun, smartphone, aktif media sosial. “Pengumuman seleksi peserta pelatihan dilakukan pada 31 Agustus, setelah para peserta melalui tahap pendaftaran pada 25-29 Agustus. Dari 180 orang yang terdaftar, kami memilih 120 orang,” tambahnya.

Pembicara utama dalam acara Akademi Tematik tersebut adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Riena Retnaningrum. Dan rencananya acara akan dibuka oleh Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Christiany Juditha.

Instrukturnya antara lain Novian Anata (Spesialis Social Media Analyst), Vieka Aprilya (Social Media Enthusiast), Inasari Widyastuti (Content Creator), Fibriyani Nur Aliya (Content Creator and Branding Specialist). (HS)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button