BPPD Kendal Gencar Promosikan Pariwisata dan Siap Terobosan Selanjutnya! - WisataHits
Jawa Tengah

BPPD Kendal Gencar Promosikan Pariwisata dan Siap Terobosan Selanjutnya!

Pelantikan Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah Kendal Tahun 2022-2026 di Tirto Arum Baru, Rabu (11/3/2022). Foto: Prokompim Setda Kendal

Kendal (sigjateng.id) – Pariwisata di Kabupaten Kendal terus berkembang seiring berkembangnya sejumlah destinasi wisata pasca pandemi Covid-19. Setidaknya ada 3 perkembangan pariwisata yang menjadi jantung pariwisata Kendal yakni di sektor Agro, Maritim dan Religi.

Data Disporapar Kendal melaporkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kendal sebanyak 420.000 pada tahun 2020 dan akan meningkat sebanyak 499.000 pada tahun 2021. Padahal, Pemkab Kendal menargetkan 600.000 wisatawan pada 2022.

Guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kendal baik dari luar negeri maupun penerima devisa, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kendal gencar melakukan promosi. Salah satunya dengan dibentuknya Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Kendal.

“Badan Promosi Pariwisata Daerah Kendal bertanggung jawab kepada Bupati tetapi berkoordinasi dengan Disporapar Kendal. Di sini peran Disporapar sebagai mitra dan kami berharap dapat membantu pariwisata di Kendal melalui pemasaran dan promosi,” kata Achmad Ircham Khalid, Kepala Disporapar.

Diketahui, kepengurusan BPPD Kendal periode 2022-2026 dilantik langsung oleh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto pada Rabu 30 November 2022. Misi BPPD adalah mempromosikan pariwisata Kendal dan membantu memasarkan dan menarik wisatawan ke Kendal.

“Hal ini sesuai dengan visi, misi dan program prioritas Pemerintah Kabupaten Kendal yang akan memajukan pariwisata. Dengan dilantiknya kepengurusan BPPD, kita bisa menawarkan terobosan dan inovasi pariwisata di Kendal,” kata Bupati Dico M. Ganinduto.

Dico berharap pengurus BPPD yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan di Kendal untuk menyusun perencanaan pembangunan guna mendorong pariwisata berkelanjutan.

Dico juga mengatakan bahwa Kabupaten Kendal memiliki peluang yang tidak dimiliki oleh Semarang dan Batang, sehingga harus bersinergi untuk bersinergi. “Kunci terpenting kemajuan pariwisata adalah branding pariwisata di Kendal,” jelas Dico.

“Air Terjun Sewu akan kita hidupkan kembali pada tahun 2023 karena sudah menjadi ikon Kendal. Pengembangan kawasan industri juga menjadi penyemangat bagi Kendal untuk siap menghadapinya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPPD Kendal Lativ Syaikhoni mengatakan ada beberapa hal yang menjadi fokus yakni koordinasi dengan stakeholder yang ada.

“Kendal dikenal sebagai kota devisa karena banyak yang menjadi TKI. Makanya kita coba buat terobosan, yang jadi TKI setelah pulang bisa ajak teman dan majikannya ke Kendal,” kata Lativ. (red)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button