BPOM mendukung pengembangan bahan alami untuk kosmetik - WisataHits
Jawa Timur

BPOM mendukung pengembangan bahan alami untuk kosmetik

Jakarta (ANTARA) – Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Makanan, dan Kosmetik Badan POM Reri Indriani mendukung pengembangan pemanfaatan bahan alam dari kekayaan alam wilayah Indonesia sebagai bahan kosmetika.

“Badan POM sebagai bagian dari pemerintah mendukung Perkosmi bersama” orang yang tertarik Kementerian/Lembaga terkait, pemerintah daerah, akademisi terkait kosmetika, khususnya yang menggunakan kosmetik dengan bahan alami Indonesia,” katanya pada konferensi pers Indonesia Cosmetics Bahan (ICI) Expo & Seminar 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Selasa.

Menurut Reri, saat ini Badan POM memiliki program khusus untuk memberikan dukungan kosmetik bertema yang mewakili kekayaan alam wilayah Indonesia.

“Itu akan memiliki efek positif pada peningkatan wisata kesehatan atau wisata kebugaran,” ujarnya.

Baca Juga: Lima Cara Mengubah Kulit Kusam Menjadi Kulit Glowing

Kosmetik tematik adalah kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami yang identik dengan suatu daerah. Kosmetik tematik dikenal di beberapa bidang, seperti: Seperti kosmetik Bali (Lulur dan Spa), kosmetik Jawa (perawatan tradisional keraton), kosmetik Banjarmasin (bedak dingin) dan kosmetik yang dibuat dari bahan-bahan alami lokal Indonesia.

Reri mengatakan Indonesia menempati urutan ketiga dari lima negara dalam keanekaragaman hayati, sehingga ketergantungan pada bahan baku kosmetik impor perlu dikurangi secara perlahan. Hal ini membuat industri kosmetik Indonesia menjadi mandiri.

“Pandemi telah mengambil pelajaran di awal tahun 2020 yang agak stagnan karena bahan baku impor, yang tentunya menjadi pelajaran bagi kita untuk mandiri,” kata Reri.

Ruri mengatakan kosmetik tidak hanya untuk kecantikan, tetapi juga membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, lanjutnya, kosmetik yang aman dan bermanfaat adalah sebuah keniscayaan.

Senada dengan Reri, Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perhimpunan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi), mengatakan kosmetik tidak hanya membentuk atau riasan.

Menurutnya, kosmetik digunakan untuk tubuh manusia dari ujung rambut sampai ujung kaki baik perempuan maupun laki-laki.

“Kosmetik sebenarnya adalah sediaan yang digunakan pada tubuh manusia, termasuk rambut hingga ujung kaki, menurut Badan POM. Pasta gigi, obat kumur dan digunakan oleh perempuan dan laki-laki dari lahir sampai mati,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button