BPJS Ketenagakerjaan buka layanan mobil keliling di public tourism - WisataHits
Jawa Timur

BPJS Ketenagakerjaan buka layanan mobil keliling di public tourism

TIMESINDONESIA, TEGAL – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Ketenagakerjaan membuka layanan mobil keliling di kawasan wisata layanan publik di Jl Ahmad Yani, Kota Tegal, Jawa Tengah. Layanan mobil keliling BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan tenaga kerja lokal mengurus masalah ketenagakerjaan Jamsostek.

Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tegal, Mulyono Adi Nugroho saat dikonfirmasi melalui telepon dari Times Indonesia, Senin (10/10/2022).

Menurut dia, layanan mobil keliling BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Ahmad Yani, Kota Tegal, akan berjaga selama jam kerja mulai pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB.

“Setiap hari mobil layanan keliling BPJS Ketenagakerjaan akan standby di Jalan Ahmad Yani, Kota Tegal. Namun, kami akan melihat situasi dan kondisi sesuai minat masyarakat setempat untuk mengadakan konsultasi di BPYamsostek,” jelasnya.

Nugroho mengatakan, keberadaan mobil layanan BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Ahmad Yani ini merupakan komitmen lembaganya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta atau tenaga kerja di Tegal dan sekitarnya yang membutuhkan manfaat program BPJamsostek.

“Peserta dapat langsung mengetahui segala macam informasi tentang layanan BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan membuka layanan pendaftaran bukan penerima upah (BPU), kode pembayaran iuran dan informasi Bantuan Subsidi Upah 2022 (BSU),” jelasnya.

Ia mengatakan, berdasarkan analisis BPJamsostek Tegal, pada pembukaan mobil perusahaan keliling BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (10/6/2022), pihaknya memiliki berbagai macam keluhan atau pertanyaan terkait jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Ada yang menanyakan tata cara pembayaran untuk saran manfaat dan proses aplikasi. Harapannya layanan mobil keliling ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat tanpa harus datang ke kantor,” pungkasnya.

Melalui layanan mobil keliling ini, kata Nugroho, masyarakat bisa mendapatkan semua informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan, seperti pendaftaran peserta, pembayaran iuran, pengajuan klaim, dan informasi saldo jaminan hari tua atau JHT.

Nugroho mengatakan armada kendaraan bergerak telah dilengkapi dengan jaringan yang memadai untuk akses layanan kepada peserta.

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan lima program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Santunan Tenaga Kerja (JKK), Jaminan Kematian Seumur Hidup (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Kegiatan yang dapat dilakukan dengan mobil keliling BPJS Ketenagakerjaan adalah pembinaan kepesertaan, administrasi kepesertaan dan pelayanan penjaminan dengan kegiatan seperti sosialisasi/pendidikan program jaminan sosial karyawan, penerimaan berkas dan proses pendaftaran peserta baru, penerimaan berkas hak program BPJS Ketenagakerjaan. dan Review Jaminan Hari Tua (JHT).

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal meresmikan City Walk Tegal yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kota Tegal menjadi pusat pariwisata masyarakat melalui kerjasama dengan 39 lembaga, baik instansi vertikal maupun lembaga perbankan. Salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan yang membuka layanan mobil keliling.

Tempat Wisata Layanan Umum ini dibuat langsung oleh Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono di City Walk Kota Tegal, Jl. Ahmad Jani.

Salah satu tujuan dari Wisata Layanan Umum ini adalah untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan mempermudah masyarakat dalam menerima pelayanan dari pelayanan publik tersebut.

Sementara itu, Sartono Eko Saputro, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tegal, mengatakan dari 39 instansi dan instansi yang mengikuti Tur Pelayanan Publik, 113 pelayanan publik terlayani.

Sedangkan jam operasional wisata layanan masyarakat dilakukan pada hari kerja, Senin-Jumat mulai pukul 12.00 – 16.00 WIB.

Penempatan kendaraan dinas eksisting dilakukan dengan pendekatan koordinasi pelayanan yang mudah dan lebih dekat dengan sumber energi dan jaringan internet yang dibutuhkan oleh masing-masing kendaraan.

Selain itu, Kepala DPMPTSP Kota Tegal menyatakan bahwa untuk menjaga ketertiban dan ketertiban di sepanjang City Walk Jl. Ahmad Yani, Parkir tersedia di pasar pagi dan pekarangan bekas bank BHS Kota Tegal.

Sementara itu, pelaksanaan monitoring dan evaluasi pariwisata masyarakat sedang dilakukan dengan leading sector dari Organisasi Dinas Setda Kota Tegal untuk melapor secara berkala kepada Walikota.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button