BPBD Lebak mengimbau wisatawan tidak berenang untuk menghindari kecelakaan di laut - WisataHits
Jawa Barat

BPBD Lebak mengimbau wisatawan tidak berenang untuk menghindari kecelakaan di laut

Lebak (ANTARA) –

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, mengimbau wisatawan yang berlibur di pesisir selatan kawasan itu untuk tidak berenang guna menghindari kecelakaan di laut.

Pengumuman itu muncul setelah BMKG merilis tinggi gelombang di perairan Samudera Hindia pada 28-29 Agustus 2022 yang memiliki probabilitas 2,5-4,0 meter dan berbahaya ketika wisatawan menghantam pantai selatan Banten berenang.

BPBD Lebak telah membagikan informasi ini kepada pengelola wisata, shelter, relawan, nelayan, Pokdarwis, Koramil, Polsek, pengelola TPI dan pihak lainnya.

Peringatan tersebut dikeluarkan untuk mencegah wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Pantai Bagedur, Tanjung Panto, Binuangeun, Suka Hujan, Cihara, Panggarangan, Bayah, Pulomanuk dan Sawarna untuk berenang guna mencegah kecelakaan di laut.

Pasalnya, pantai selatan Banten rawan terjadi kecelakaan laut saat gelombang Samudera Hindia sedang tinggi.

“Sejauh tahun ini kami menerima laporan tiga wisatawan di pantai selatan menjadi korban korban laut dan meninggal karena hanyut oleh gelombang tinggi,” katanya.

Menurut dia, wisatawan yang berkunjung ke sejumlah tempat wisata di pantai selatan pada akhir pekan berasal dari daerah di Provinsi Banten, serta Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Mereka menikmati pantai selatan karena panorama alamnya yang indah dan alami.

Namun, saat ini cukup berbahaya untuk berenang setelah ombak tinggi di pantai selatan.

Karena itu, wisatawan diminta untuk mengindahkan peringatan untuk tidak berenang karena dapat membahayakan keselamatan jiwa.

“Ada wisatawan yang berenang karena terbawa ombak,” ujarnya.

Kepala Badan Penyelamat Pariwisata Tirta (Balawista) Kabupaten Lebak, Erwin Komara Sukma mengatakan, pihaknya mengerahkan anggotanya untuk memberikan rasa aman dan perlindungan kepada wisatawan yang berlibur di pantai selatan, antara lain Pantai Sawarna dan Bagedur.

“Kami meminta wisatawan untuk tidak berenang di pantai karena takut hanyut oleh ombak,” katanya.

Source: banten.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button