Bozem Tubanan Baru Menjadi Destinasi Wisata Kota Pahlawan - WisataHits
Jawa Tengah

Bozem Tubanan Baru Menjadi Destinasi Wisata Kota Pahlawan

Surabaya (ANTARA) – Bozem atau waduk seluas 1 hektare di Tubanan Baru, Tandes, Kota Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Minggu, pihaknya berencana Bozem Tubanan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat dan taman pada akhir 2022. jalan jogingmenjadi tempat usaha bagi warga dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Tahun ini Bozem sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Ini menjadi tempat wisata dan membantu melestarikan Bozem. Jadi harus dimanfaatkan jangan terlalu banyak tanaman rimbun seperti hutan,” kata Cak Eri, panggilan akrabnya.

Menurutnya, dengan membuat bozem, aliran air yang berasal dari hujan tidak langsung mengalir ke sungai, melainkan diserap terlebih dahulu.

“Alhamdulillah, akhir tahun lalu menjadi bukti bahwa Karangpoh tidak tergenang saat hujan deras setelah puluhan tahun banjir. Sebab, air yang sudah berkurang bebannya di sungai itu akan dialirkan ke Bozem,” ujarnya.

Selain karangpoh, kata dia, Pemkot Surabaya sedang dalam proses pembuatan bozem di kawasan Ketintang Surabaya.

Tujuannya agar aliran air bisa diarahkan ke rumah pompa di Kecamatan Jambangan, Surabaya.

“Di Ketintang, sudah lebih dari 12 tahun air pasang mencapai lutut. Saat Ketintang banjir, Wonocolo, Karah, Jambangan pasti akan kebanjiran karena hanya ada satu sungai yang masuk ke wilayah Wonorejo. Potty Pump,” katanya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button