Borobudur Marathon 2022 berdampak ekonomi bagi pelaku ekonomi lokal - WisataHits
Jawa Tengah

Borobudur Marathon 2022 berdampak ekonomi bagi pelaku ekonomi lokal

Borobudur Marathon 2022Wisatawan tampak memadati desa wisata di sekitar Candi Borobudur.

Semarang, Idol 92.6 FM – Borobudur Marathon 2022 yang digelar selama dua hari, memberikan efek domino bagi masyarakat sekitar, khususnya para pelaku bisnis dan kuliner. Bahkan juga meningkatkan jumlah okupansi atau hunian di akomodasi seperti hotel dan homestay.

Puput Setyo selaku pemilik Borobudur Mushroom yang bergerak di bidang pengolahan dan budidaya jamur di sekitar Borobudur menyambut positif Borobudur Marathon 2022.

Puput menjelaskan, dampak Borobudur marathon dirasakan oleh masyarakat sekitar, terutama para pebisnis. Hal ini terbukti dengan jumlah kunjungan yang meningkat dibanding sebelum Borobudur marathon.

Menurut dia, peningkatan kehadiran Borobudur marathon sebesar 30 hingga 40 persen dari biasanya mempengaruhi penjualan.

“Sudah lebih dari 200 pengunjung sejak pagi ini. Meski ada pengunjung yang mengeluh harus balik dulu karena tutup, mereka tidak masalah dan tetap datang ke sini,” kata Puput.

Selain itu, Puput menjelaskan, sebagian besar pengunjung berasal dari luar Kabupaten Magelang, dan sebagian besar berasal dari Bandung dan Jakarta.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kampung Homestay Muslih mengatakan dampak dari kegiatan Borobudur Marathon 2022 sangat dirasakan oleh masyarakat dan pelaku usaha setempat. Khususnya bagi pemilik homestay di sekitar Candi Borobudur.

Muslih mengatakan, sejauh ini tingkat hunian homestay di sekitar Candi Borobudur sudah mencapai 80 persen.

Menurutnya, pascapandemi, homestay ramai pengunjung hanya saat ada kegiatan di kompleks candi Borobudur.

“Pada akhir pekan, tingkat hunian biasanya kurang dari 80 persen dengan 30 keluarga angkat yang ada dengan 140 kamar. Paling tidak hanya 45 persen,” kata Muslih.

Muslih berharap akan lebih banyak lagi kegiatan yang dilakukan di kawasan Candi Borobudur dengan menarik wisatawan.

Semakin banyak wisatawan datang ke event atau kegiatan wisata di Candi Borobudur, maka akan semakin berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar.

Borobudur marathon diketahui akan digelar pada 12-13 November 2022. Terdiri dari lomba Elite dengan jarak 42,195 kilometer dan lomba Young Talent dengan jarak 10 kilometer. (Tunas)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button