Borobudur Banon Run 7K, semua peserta akan mendapatkan Borobudur NFT Medal - WisataHits
Yogyakarta

Borobudur Banon Run 7K, semua peserta akan mendapatkan Borobudur NFT Medal

Borobudur Banon Run 7K, semua peserta akan mendapatkan Borobudur NFT Medal

tanpa judul

Krjogja.com – MAGELANG – Untuk pertama kalinya Borobudur Banon Run 7 K (BBR7K), kegiatan untuk merevitalisasi industri pariwisata dan olahraga di Borobudur, akan digelar pada 18 Desember 2022. Temanya adalah “The Spiit Ganesha Banon”, tema ini mengambil nama dari Candi Banon yang telah punah yang terletak di antara Candi Pawon dan Candi Mendut.

“Saat ini patung Ganesha berada di Museum Nasional Jakarta. Untuk menangkap masa lalu dan mengambil pelajaran darinya, Candi Banon dikembangkan menjadi motif batik yang disebut Batik Banon. Ini juga merupakan kali pertama di Indonesia medali diberikan kepada seluruh peserta yang akan mendapatkan dua versi yaitu medali versi real dan medali versi virtual berupa karya seni digital dengan token non-fungible ( NFT),” kata Ketua Panitia Borobudur Banon Run 7K (BBR 7K), Lukman Fauzi Mudatsir, Rabu (11/2/2022).

Menurut Lukman, pihaknya menargetkan 1.000 peserta dalam acara ini, dimulai dari TIC Kabupaten Magelang, lari 7 km dan berakhir di Pasar Budaya, Mpuloh Klatakan, Dusun Jligu dan Desa Borobudur. “Kegiatan ini mewarisi atau mengangkat Candi Banon di Jligudan Désa Borobudur yang dituangkan dalam motif batik patung Ganesha yang digali dan kini berada di Museum Nasional,” jelasnya.

Ia mengatakan memperluas kombinasi pariwisata dan olahraga diharapkan berdampak pada ekonomi lokal, mulai dari homestay, kuliner, dan lainnya. Kekuatan desa akan terus berkembang karena banyak acara kalender berlangsung di Borobudur.

Menurutnya, ini merupakan salah satu penerapan program promosi budaya desa di Dusun Jligu, yang namanya pasar budaya mpuloh Klatakan. Pasalnya, acara ini digelar di Desa Borobudur sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa terhadap kerjasama tiga unsur pariwisata-olahraga-budaya.

Kepala Desa Borobudur dan Ketua Komite Olahraga (KOK) Kecamatan Borobudur Ujang menyambut baik dan mendukung acara yang diadakan oleh Pemerintah Kota (BSSA) di Desa Borobudur dan akan menjadi acara tahunan Desa Borobudur. Untuk itu, panitia meminta dukungan dan kerjasama semua pihak yang terlibat, termasuk teman-teman media, demi terselenggaranya acara yang memadukan pariwisata, olahraga dan budaya.

Duta digital Kementerian Desa Sholahuddin, Anda mendukung kegiatan ini dalam bentuk industri kreatif dan digital. Salah satunya, setiap peserta akan mendapatkan karya seni digital Banon yang dikemas dalam bentuk NFT. Nilai NFT Batik Banon ini bisa digunakan untuk mendaftar lagi tahun depan untuk kegiatan serupa dengan diskon khusus. “Ke depan tentunya NFT akan dikembangkan lebih lanjut sehingga memiliki nilai utilitas untuk mengakses desa-desa wisata di kawasan Borobudur,” tambahnya.(bag)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button