BOGOR: Bendungan Ciawi dan Sukamahi untuk pengurangan banjir dan destinasi wisata - WisataHits
Jawa Barat

BOGOR: Bendungan Ciawi dan Sukamahi untuk pengurangan banjir dan destinasi wisata

DESKJABAR – Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor merupakan bendungan kering yang dirancang untuk menyimpan air saat debit air Ciliwung meningkat.

Pembangunan dua Bendungan Ciawi dan Sukamahi untuk mengurangi banjir di DKI Jakarta, ketika debit air dari Ciliwung meningkat maka air sungai akan terserap ke dalam dua bendungan tersebut, sehingga air yang mengalir ke Jakarta dapat berkurang.

Kedua bendungan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat 23 Desember 2022 itu berpotensi besar menjadi kawasan wisata.

Baca Juga: UNIK, 3 Daerah di Jabar Disebut Pasir Heunceut, Tepung Kanjut dan Sarkanjut

Mengutip dari Setkab.go.id dan Instagram @jokowi: “Kalau kita lihat arsitekturnya sangat bagus untuk pariwisata, baik Ciawi maupun Sukamahi (bendungan). Keduanya digunakan untuk pariwisata,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, pemerintah telah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang yang bisa digunakan masyarakat saat berkunjung ke Bendungan Ciawi dan Sukamahi.

Fasilitas tersebut berupa penginapan, taman, rumah kaca (Green House) dan tempat ibadah dengan gaya arsitektur yang apik.

Di kawasan Bendungan Sukamahi dan Ciawi, masyarakat bisa menikmati udara segar bahkan memetik buah langsung dari kebun hidroponik saat musim panen.

“Masyarakat bisa ikut memanen melon premium, ginseng, strawberry, anggur dan alpukat buaya langka serta sawo sawo,” pungkasnya.

Baca Juga: Dari Penonton AVATAR 2, Cara Pendapatan Air Lampaui Rp 13,3 Triliun dalam 10 Hari

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button