BOB Sunset Run dan FLS meningkatkan kunjungan wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

BOB Sunset Run dan FLS meningkatkan kunjungan wisatawan

Harianjogja.com, BANTUL – Dinas Pariwisata Bantul menyebut Badan Otorita Borobudur (BOB) Sunset Run di Laguna View Depok dan Samas Kite Festival (FLS) di Pantai Samas berhasil mendongkrak kunjungan wisatawan ke objek wisata (pansela) Bantul di selatan pantai. Terbukti kunjungan wisatawan akhir pekan lalu meningkat dibandingkan pekan sebelumnya.

Markus Purnomo Adi, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Bantul, mengatakan akhir pekan lalu atau 19-21 Agustus 2022, 29.245 orang dengan pendapatan Rp 284 juta dikunjungi wisatawan. Dari jumlah tersebut, sebagian besar kunjungan ke kawasan Parangtritis, termasuk Pantai Depok sebanyak 19.095 orang, disusul Pantai Samas sebanyak 5.600 orang.

Jumlah kunjungan wisatawan meningkat 45% dibandingkan akhir pekan sebelumnya. “Ada dua alasan peningkatan kunjungan wisatawan selama akhir pekan lalu.” acara di Depok yaitu BOB Sunset Run dan Samas Kite Festival di Pantai Samas,” kata Markus saat dihubungi, Senin (22/8/2022).

Sedangkan total kunjungan selama seminggu atau 15-21 Agustus 2022 sebanyak 47.347 orang dengan pendapatan Rp 459 juta. Kunjungan dalam seminggu terakhir juga meningkat sebesar 43% dibandingkan kunjungan pada minggu sebelumnya.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Jogja Diperkirakan Tetap Tinggi Hingga Akhir Tahun

Menurut Mark, setiap aktivitas atau aktivitas acara yang besar di kawasan Pansela sebenarnya bisa mendongkrak kunjungan wisatawan, antara lain BOB Sunset Run dan FLS. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Samas selama acara FLS adalah wisatawan lokal DIY.”Tidak seperti mengunjungi Parangtritis dan sekitarnya, termasuk Depok, banyak wisatawan dari luar industri DIY,” kata Markus.

Dia optimistis kunjungan wisatawan akan meningkat dalam beberapa pekan mendatang karena sejumlah kegiatan masih berlangsung di Pansela dan sejumlah objek wisata lainnya, termasuk Festival Kuliner Mataram 2022 yang akan digelar pada 27-28 Agustus.

dalam acara Acara tersebut menghadirkan 1.010 jajanan gratis untuk dinikmati wisatawan dan tersedia 50 jenis makanan tradisional. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan seni musik. Selain itu, pria yang akrab disapa Ipung itu mengatakan jika memang demikian acara Jumlah kunjungan wisatawan mendekati normal dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Bantul Wildan Nafis mengatakan masa pascapandemi merupakan dorongan yang tepat untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Karena hampir dua tahun sebelumnya, orang tidak bisa bepergian karena berbagai pembatasan.

“Dua tahun pandemi ini banyak yang berhenti traveling, sekarang harusnya ada peningkatan,” ujarnya. Wildan berharap biro pariwisata meningkatkan daya tarik wisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke Bantul.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button