BMKG: Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik M5,3 - WisataHits
Jawa Barat

BMKG: Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik M5,3

BMKG: Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik M5,3

TEMPO.CO, jakarta – BMKG mencatat gempa tektonik M5,3 pada Selasa 24 Januari 2023 pukul 01:17:38 WIB yang melanda wilayah Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Pusat gempa berada pada koordinat 2.79° LU; Garis bujur 127,07°BT atau tepatnya di laut pada jarak 141 km tenggara Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 10 km.

“Kawasan Laut Filipina, Kepulauan Talaud, dan Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik,” kata Direktur Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya, Selasa, 24 Januari 2023.

Dengan mempertimbangkan letak pusat gempa dan kedalaman hiposenter, Daryono menjelaskan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal yang dipicu oleh deformasi batuan di Lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme swelling menunjukkan bahwa gempa tersebut memiliki mekanisme gerak naik mendatar atau sesar geser miring.

Berdasarkan peta perkiraan getaran, gempa ini menyebabkan gempa di daerah Damau, Kabaruan dan Lilinabu dengan skala intensitas III MMI. Getarannya bisa dirasakan di dalam rumah. Rasakan getarannya seolah-olah ada truk yang lewat. Sejauh ini belum ada laporan dampak gempa tersebut.

Selain itu, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Sejak pukul 01.45 WIB, hasil pantauan BMKG menunjukkan ada 2 gempa susulan dengan magnitudo terbesar M3,7.

Daryono meminta warga tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia juga meminta untuk menghindari bangunan yang mengalami keretakan atau kerusakan akibat gempa.

Maria Fransisco Lahur

Baca: Gempa Batu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Ini Data BMKG

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button