Biaya Wisata di Pulau Lengkuas dan Ragam Atraksi - WisataHits
wisatahits

Biaya Wisata di Pulau Lengkuas dan Ragam Atraksi

Biaya Wisata di Pulau Lengkuas dan Ragam Atraksi

Harga tiket masuk ke Pulau Lengkuas: Gratis – Rp 500.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Tanjung Binga, Sijuk, Belitung, Bangka Belitung, Indonesia, 33414.

Pulau Galanga sering menjadi ikon pariwisata Kepulauan Bangka Belitung. Meski kecil, pulau ini memiliki pesona yang gila. Pemandangan laut dan pantai yang indah, sangat khas pantai di negara tropis. Ditambah dengan keberadaan mercusuar yang menandai jejak sejarah di pulau ini.

Berbagai aktivitas bisa dilakukan wisatawan di pulau ini. Mulailah dengan menikmati pantai yang indah, berkeliling pulau, bermain air, snorkeling, mengunjungi mercusuar. Jangan lewatkan untuk menikmati gastronomi di sekitar pantai. Untuk bisa menikmati cuaca dengan puas, wisatawan membutuhkan setidaknya satu hari penuh untuk menghabiskan waktu di sini.

Biaya untuk Pulau Lengkuas Belitung

Untuk memasuki objek wisata ini tidak dikenakan biaya tiket. Wisatawan hanya perlu menyiapkan pajak jika memasuki mercusuar. Serta biaya penyeberangan dari Pantai Tanjung Kelayang ke Pulau Lengkuas.

Biaya untuk Pulau Galanga
Tiket masuk Bebas
Tiket mercusuar Rp5.000
Feri untuk 10 orang Rp 500.000

Baca: TANJUNG HIGH BEACH Belitung Tiket dan Berbagai Aktivitasnya

Jam Buka Pulau Lengkuas

Obyek wisata ini tidak menetapkan jam buka secara pasti. Namun biasanya wisatawan akan datang dari pagi hingga sore hari. Karena pada malam hari, aktivitas di pulau ini tergolong tenang. Dan wisatawan tidak diperbolehkan berenang atau menyelam pada malam hari.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati keindahan Pulau Lengkuas

Pemandangan atas Pulau GalangaPemandangan atas Pulau Galanga. Foto: Gmap/hasrizal

Pulau Lengkuas hanya berukuran kurang dari 1 hektar. Dari atas hanya ada dataran kecil dengan mercusuar dan beberapa area berpasir. Selebihnya merupakan kawasan yang masih rimbun dengan pepohonan lebat sehingga tampak hijau dan lebat. Serta daerah bebatuan granit besar yang salah satunya terpisah dari pulau utama.

Meski kecil, pulau ini memiliki keindahan yang begitu memikat. Sejauh mata memandang, hamparan samudra biru yang bertingkat-tingkat akan memanjakan mata. Wisatawan akan melihat warna biru kehijauan air laut di dekat pantai. Dari permukaan, wisatawan akan melihat dasar berupa pasir dan terumbu karang. Dan di lautan yang jauh, airnya tampak begitu biru.

Di datarannya sendiri, pasir putih terhampar luas di area pulau. Batuan granit juga tampak berkumpul di beberapa tempat, bahkan ada yang berukuran besar. Pohon kelapa dan pohon lainnya juga hadir sebagai kemasan. Dan jangan lupa, mercusuar berusia seabad juga menjadi icon unik di pulau ini.

Baca: Tiket PANTAI TANJUNG KELAYANG, Lokasi dan Atraksi

Kunjungi mercusuar berusia lebih dari seabad

Mercusuar seratus tahun di Pulau LengkuasMercusuar Centennial di Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Selain keindahan pulaunya, satu hal yang begitu ikonik di sini adalah keberadaan mercusuar. Mercusuar ini bahkan berusia lebih dari satu abad. Tepatnya dibuat sejak tahun 1882 oleh pemerintah Belanda. Meski sudah berusia lebih dari seratus tahun, mercusuar ini masih kokoh dan masih digunakan sebagai penunjuk kapal.

Mercusuar ini tingginya sekitar 50 meter, dengan total 18 lantai. Pembangunannya dilakukan oleh perusahaan Belanda bernama LI Enthoven Co, atau ZM Willem III. Untuk memasuki mercusuar, wisatawan harus melepas sepatu dan mencuci tangan dan kaki dengan air dingin. Memang, air laut pada sepatu atau kaki dapat menyebabkan korosi dan perubahan pada bangunan.

Setiap ruangan di gedung ini memiliki dinding berbentuk lingkaran, lengkap dengan tangga berbentuk lingkaran di sisi kirinya. Tangga ini akan menghubungkan setiap lantai dari lantai paling bawah hingga paling atas. Di bagian paling atas, di sekelilingnya, dindingnya terbuat dari kaca, yang memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan sekitarnya. Bahkan, dari puncak ini juga terdapat balkon dan wisatawan bisa keluar di balkon ini.

Snorkeling Menikmati keindahan alam bawah laut

Snorkeling seru di perairan Pulau LengkuasSnorkeling seru di perairan Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Dadang Kurnia

Alam bawah laut Pulau Lengkuas tak kalah indah dengan daratannya. Banyak terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan berwarna-warni. Kedalaman air masih relatif dangkal dan visibilitas air tinggi. Bahkan, wisatawan bisa melihat ikan warna-warni berenang dengan gembira tepat di atas permukaan air.

Biasanya kapal yang mengantarkan dari Tanjung Kelayang juga akan mengantar wisatawan ke spot snorkeling. Terumbu karang yang sehat, anemon yang menari, pemandangan yang indah. Warna-warni ikan pun ikut meramaikan suasana bawah laut Pulau Lengkuas. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto kapal selam.

Untuk perlengkapan snorkeling, wisatawan bisa membawa sendiri. Atau bisa juga menyewa dari pemilik perahu yang biasanya menyediakannya. Kacamata dan alat bantu pernapasan lengkap dengan kaki katak mulai dari Rp 20.000. Wisatawan juga akan dilengkapi dengan jaket pelampung.

Ambil foto di bebatuan granit yang eksotis

Batu granit di pantaiBatu granit di pantai. Foto: Gmap/Faisal Pak

Tak jauh dari bibir pantai terdapat tumpukan bebatuan granit. Ukuran bervariasi dari kecil hingga ekstra besar. Batuan ini berkelompok menjadi satu membentuk daratan.

Wisatawan bisa berfoto di bebatuan ini. Anda bahkan dapat memanjat salah satu batu besar. Dimana batu-batu kecil yang mengelilinginya bisa menjadi titik penyangga.

Daerah berbatu ini juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Duduklah di sore hari, menikmati angin yang mengiringi mentari hingga kembali ke sarang.

Berjalan di sekitar pulau

Berjalan-jalan santai di sekitar pulauBerjalan-jalan santai di sekitar pulau. Foto: Gmap/Anis Kuntara

Meski berukuran kecil, ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini. Selain mengunjungi mercusuar, berfoto dan snorkeling, wisatawan bisa berkeliling pulau. Wisatawan bisa menyusuri kawasan pantai dan sekitarnya.

Waktu yang tepat adalah saat masih pagi atau sore hari. Karena matahari belum terik, masih nyaman untuk jalan-jalan. Wisatawan juga bisa singgah di salah satu warung untuk menikmati kuliner yang nikmat. Atau sekedar melepas dahaga dengan menyeruput air kelapa segar yang dijual di sana.

Bagaimana menuju ke Pulau Lengkuas Belitung

Pulau ini termasuk dalam Kawasan Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Tepatnya di utara pantai Tanjung Kelayang. Untuk sampai ke pulau ini Anda harus Sewa perahu dengan lama penyeberangan sekitar 20-30 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button