Biaya parkir dan parkir di Kota Lama Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Biaya parkir dan parkir di Kota Lama Semarang

Tempat parkir di kota tua Semarang. Kredit foto: unsplash/oktavisual Fasilitas parkir harus disediakan oleh pengelola lokasi wisata untuk menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung yang datang. Simak tarif dan parkir Kota Lama Semarang berikut ini agar perjalanan wisata semakin nyaman.

Kutipan dari situs (kunjungijawatengah.jatengprov.go.id), Kota Lama merupakan kawasan cagar budaya dengan bangunan bersejarah dan berusia berabad-abad dari Hindia Belanda. Saat itu merupakan pusat pemerintahan, sehingga arsitektur bangunannya bergaya khas Eropa.

Biaya parkir dan parkir di Kota Lama Semarang

Tempat parkir di kota tua Semarang. Sumber foto: unsplash/awan Jika Anda berkunjung ke Kota Lama Semarang, Jendela Dunia merangkum informasi tarif dan parkir untuk Kota Lama Semarang.

Tempat parkir di kota tua Semarang

Ada beberapa tempat parkir motor dan mobil di Kota Lama Semarang, biasanya di pagi atau sore hari, beberapa motor parkir di sekitar Jl. Suari No.17, Purwodinatan dekat dengan Galeri Seni Kontemporer Semarang dan Bundaran Gereja Blenduk.

Pilihan lainnya adalah parkir di sebelah Spiegel Bar & Bistro, di dekat gang yang penuh coretan. Namun, pada sore dan malam hari terdapat tiga tempat parkir mobil, antara lain:

  • Di sebelah Museum DMZ, tepat di Jl. Branjangan No. 3-9 dan Jalan Sendowo.

  • Metro Point di depan Satlantas atau Jl. Letnan Jenderal Suprapto No. 38.

  • Parkir mobil umum di Jalan Mpu Tantular Semarang.

Selain kawasan Kota Lama, Anda bisa mampir ke Museum Pusaka Kota Lama dengan parkir di BRI Jawa Tengah atau Bank BNI terdekat. Berikut lokasi-lokasinya:

  • Bank BRI : Jl. Aloon-Aloon Bar No.1, Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah.

  • Bank BNI : Jl. Gunung Haryono No. 16, Purwodinatan, Kabupaten Semarang Tengah.

Memang belum didesain khusus untuk parkir bus, namun saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang sedang menyiapkan penataan kantong parkir di sekitar Bundaran Bubakan di Kota Lama Semarang yang dikelola bersama dengan bank BRI Jawa Tengah.

Biaya Parkir di Kota Lama Semarang

Biaya parkir di Kota Lama Semarang adalah Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun jika ingin berkunjung ke Museum Kota Lama dari subuh hingga senja, Anda bisa parkir gratis di Bank BRI atau Rp 2.000 di Bank BRI untuk sepeda motor.

Sejarah kota tua Semarang

Sebelum kota lama Semarang menjadi kompleks, tanah tersebut digunakan sebagai benteng pertahanan bernama Benteng Vijhoek tepat di bundaran Gereja Blenduk pada masa penjajahan Belanda.

Kemudian, setelah perang usai, kawasan tersebut berubah menjadi perkampungan dan ditemukan pohon asam dan arang, yang merupakan asal mula nama kota Semarang.

Berdampingan dengan Musala Kanjengan, putra Ki Ageng Pandan Arang II, pernah membangun dalem (pendopo). Menurut peta tahun 1695 juga terdapat pemukiman para abdi dalem di sekitar keraton, yang juga merupakan awal munculnya kota Semarang.

Selain itu, terdapat desa-desa kecil seperti Pecinan, Desa Banjar, Desa Kali Cilik, Desa Darat Melayu, Desa Cirebonan dan Desa Melayu Besar. Baru pada tanggal 15 Januari 1678 pemerintah Belanda kembali.

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button