Besok Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul akhirnya dibuka untuk uji coba - WisataHits
Yogyakarta

Besok Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul akhirnya dibuka untuk uji coba

Besok Jembatan Kretek 2 di JJLS Bantul akhirnya dibuka untuk uji coba

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan Bantul akan membuka Jembatan Kretek 2 untuk uji fungsional pada Selasa (31/1/2022). Pengujian fungsional dimulai pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul Sri Harsono mengatakan uji fungsional jembatan Kretek-2 akan digelar tanpa batas waktu.

BACA JUGA: Akhirnya Jembatan Kretek 2 Dibuka, Ini Jadwalnya

“Pengujian pembukaan jembatan Kretek 2 dilakukan untuk melihat fungsi jembatan sebelum diresmikan,” ujarnya, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, jembatan yang dibangun dengan anggaran Rp 364 miliar itu saat ini sudah rampung. Namun, menurut dia, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi, antara lain penambahan rambu-rambu peringatan dan peringatan bagi pengguna kendaraan.

Jembatan Kretek 2 dikelola oleh pemerintah pusat, sehingga Dinas Perhubungan Bantul hanya akan memasang rambu-rambu tersebut di tempat-tempat yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten. Salah satu titik yang akan dipasang adalah di jalan dari Pantai Depok, sebelum memasuki jalan menuju jembatan.

“Kami akan memasang rambu peringatan untuk mengurangi kecepatan dan melihat ke kiri dan ke kanan sebelum berjalan,” katanya.

Harsono mengatakan, Dishub Bantul akan mengerahkan personel untuk menjaga selama uji coba pembukaan jembatan Kretek 2 tersebut. Tidak menutup kemungkinan banyak warga atau pengguna kendaraan yang berhenti di tengah jembatan untuk selfie sehingga mengganggu arus lalu lintas dan menyebabkan kemacetan.

“Kami akan patroli staf dan mengimbau masyarakat untuk tidak berhenti atau memperlambat.selfie di pinggir jembatan,” ujarnya.

Sebelumnya, Humas PT Wika Hutama Jo selaku kontraktor pembangunan jembatan Kretek 2, Wahyu Nurbiantoro mengatakan, pembangunan jembatan tersebut sudah 100% selesai dan tinggal menunggu peresmian oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA: Akhirnya Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya

“Kapan diresmikan kami belum bisa memastikan karena itu kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Direktur Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menilai keberadaan Jembatan Kretek 2 dapat membawa dampak positif bagi Bantul, antara lain aksesibilitas yang mudah bagi masyarakat yang berwisata ke Bumi Projotamansari, khususnya kawasan wisata pantai selatan.

Potensi di kawasan jembatan Kretek II terus dikembangkan. Ia mengaku sudah memiliki visi untuk memulai usaha pariwisata yang bisa beroperasi pada malam hari. Di sekitar area jembatan didukung oleh sistem penerangan.

“Jembatan Kretek 2 ini akan memacu masyarakat untuk mengembangkan usaha dan memungkinkan masyarakat untuk datang ke Bantul semakin banyak karena akses ke Parangtritis semakin lama semakin mudah,” katanya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button