Besok film Pesantren Lola Amaria rayakan premierenya: Aku Belajar Ilmu Keberkahan - WisataHits
Yogyakarta

Besok film Pesantren Lola Amaria rayakan premierenya: Aku Belajar Ilmu Keberkahan

TEMPO.CO, jakarta – Lola Amaria mengatakan film Sekolah Berasrama didistribusikan oleh perusahaannya Lola Amaria Production, bukan hanya untuk alasan keuntungan. “Semoga menjadi berkah,” ujarnya saat jumpa pers di XX Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin, 1 Agustus 2022. Sambutan tersebut mendapat tepuk tangan meriah dari mereka yang hadir di Studio 2 gedung bioskop saat itu.

Hal ini dikatakan Lola Amaria saat menjawab pertanyaan media tentang rilis teater pada 4 Agustus 2022, bersamaan dengan rilis film Pengabdi Setan 2. “Kita tahu film dokumenter seperti film Pesantren ini memiliki penonton yang sangat istimewa,” katanya. Ia mengatakan, keinginannya bisa tampil di 100 layar bioskop XXI di seluruh tanah air, namun yang diberikan hanya 30 layar, dan 10 layar di wilayah Jabotabek.

Lola mengungkapkan kesediaannya untuk mendistribusikan film Pesantren sejak melihat proses editing di Jerman pada 2018. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, menurut aktris, produser dan sutradara tersebut, dikatakan memiliki tidak kurang dari 25.000 pondok pesantren yang membutuhkan ruang untuk bercerita tentang pesantren yang selama ini tinggal di tanah air. untuk waktu yang lama dan melakukannya dengan baik.

“Karena terkesan tertutup, muncul banyak stigma negatif, tapi apa yang sebenarnya kita ketahui tentang lembaga pendidikan tertua di Indonesia ini?” ujarnya. Ia juga mengakui bahwa sangat disayangkan jika pesantren dianggap sebagai sarang atau sekolah teroris. Lola mengatakan masalah yang ditimbulkan film itu Sekolah Berasrama diproduksi sejak tahun 2015 sangat penting bagi Indonesia saat ini. Untuk alasan ini, ia mendistribusikan film di jaringan bioskop komersial.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (ketiga dari kanan), Sekretaris Jenderal PP Muhammdiyah Abdul Mu’ti (kedua dari kanan), Salahuddin Siregar, direktur dan produser Pesantren (paling kiri) dan Lola Amaria dari Lola Amaria Production (paling kanan) with the Cast a film diproduksi sejak 2015, tayang 4 Agustus 2022. Launching di XX Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin, 1 Agustus 2022. Photodoc. Produksi Lola Amaria

Lola mengatakan film Pesantren awalnya dirilis pada 2019 dan diputar langsung di Amsterdam, Belanda pada International Documentary Festival Amsterdam. “Film ini saya bawa ke 10 pondok pesantren,” ujarnya. Film dokumenter yang disutradarai oleh Salahudin Siregar ini dijadwalkan tayang pada 2020 namun ditunda karena pandemi. “Dan baru akan tayang di bioskop pada tanggal 4 Agustus dengan jumlah layar terbatas,” ujarnya. Lola Amaria mengaku melihat cerita dalam film ini sangat nyata bagi kehidupan mahasiswa. Karena itulah ia mencoba membuat film ini. agar dapat diakses oleh banyak orang.

“Saya sebenarnya melihat film ini secara keseluruhan pada tahun 2018 dan selesai dengan editor Jerman dengan proses pengeditan yang panjang. Saya katakan pada saat itu bahwa film ini harus diangkat sebagai perspektif bahwa pesantren dan Islam berkembang dengan sangat baik,” katanya.

Pada pemutaran pers, film tersebut juga menampilkan antara lain Ketua PKB Muhaimin Iskandar, Sekretaris Jenderal PP Muhammdiyah Abdul Mu’ti dan pemerhati budaya Mudji Sutrisno, serta para aktor film tersebut termasuk Nyai Hj. Masriyah Amva, pengurus Kebon Jambu Al – Pesantren Ciwaringin Cirebon, tempat syuting film ini, serta puluhan tim media.

Sutradara Salahudin Siregar dan kru film juga hadir. Sudah lama sekali mereka akhirnya bisa membawa film dokumenter ini ke bioskop dan bersaing dengan film komersial lainnya di layar kaca.

Lola Amaria tidak terlalu berharap pada penjualan tiket untuk film tersebut Sekolah Berasrama Ini. “Saya belajar ilmu berkah dari film ini. Jadi saya tidak mengharapkan pendapatan dari penjualan tiket, tapi itu berkah. Meski sedikit orang yang melihatnya, tapi jika berdampak besar, itu berkah,” katanya.

Baca Juga: Film Pesantren Bisa Diputar di Bioskop Berkat Tangan Dingin Lola Amaria

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: seleb.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button