Besar! Terminal Giwangan sedang mengembangkan tempat parkir khusus bus wisata: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Besar! Terminal Giwangan sedang mengembangkan tempat parkir khusus bus wisata: Okezone Travel

MENGGUNAKAN Terminal Giwangan Yogyakarta akan lebih diperluas. Tidak hanya melayani naik turun penumpang bus umum, tetapi juga berfungsi sebagai tempat parkir bus wisata yang akan masuk ke kota Yogyakarta.

“Seiring dengan rencana pembatasan akses bus wisata ke Kota Yogyakarta untuk mengurangi potensi kemacetan, bus wisata akan diarahkan untuk parkir di Terminal Giwangan,” kata Pj Walikota Yogyakarta Sumadi.

Menurut dia, rencana tersebut merupakan bagian dari program revitalisasi Terminal Giwangan pada tahun 2023 dan diumumkan serta disetujui oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Dengan parkir di Terminal Giwangan, Sumadi berharap dapat mengurangi potensi kemacetan di Kota Yogyakarta, terutama pada akhir pekan atau long weekend.

“Setiap akhir pekan, rata-rata sekitar 500 bus wisata masuk ke Kota Yogyakarta. Jumlah ini berpotensi meningkatkan kepadatan lalu lintas, sehingga harus dilakukan upaya untuk memecah kepadatan dengan mengarahkan parkir ke Terminal Giwangan,” katanya.

wisata malam yogyakarta

Nantinya, para wisatawan akan menggunakan shuttle bus untuk menuju kota Yogyakarta atau tempat tujuan wisata.

“Ada kesepakatan dengan Dishub Yogyakarta untuk menggunakan bus TransJogja melayani trayek yang tidak optimal. Bus beroperasi sebagai shuttle wisata di akhir pekan,” katanya.

Selain itu, Pemkot Yogyakarta menyarankan kepada Kementerian Perhubungan agar bus berukuran sedang dibutuhkan untuk shuttle tour.

Sumadi mengatakan, pengembangan Terminal Giwangan sebagai tempat parkir bus wisata tidak memerlukan penambahan sarana atau prasarana yang membutuhkan biaya besar.

“Negara sudah ada. Ini hanya masalah membersihkan dan mengatur pengaturan. Saya kira tidak perlu ada peningkatan infrastruktur yang mahal,” katanya.

Sementara itu, program revitalisasi Gedung Terminal Giwangan dikelola sepenuhnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Laporan penyerahan aset bangunan terminal ke Kementerian Perhubungan juga sudah dilakukan. Diharapkan selesai pada September atau Oktober dan revitalisasi bisa dilakukan pada 2023,” ujarnya.

Nantinya, Pemkot Yogyakarta akan mengusulkan perlunya meminjam sebagian bangunan terminal Giwangan untuk keperluan pelayanan.

“Kami akan menggunakan lantai dua Terminal Giwangan untuk Mall Layanan Umum (MPP). Jadi MPP tidak lagi berada di kompleks Balai Kota Yogyakarta, melainkan di Terminal Giwangan,” ujarnya.

Dengan dibukanya layanan MPP di Terminal Giwangan, ia berharap dapat merevitalisasi Yogyakarta bagian selatan sekaligus mengurangi kepadatan pelayanan publik di kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button