Bertajuk Festival Dawuhan Senopati, Desa Pacalan Bersih Jadi Tempat Wisata - WisataHits
Jawa Timur

Bertajuk Festival Dawuhan Senopati, Desa Pacalan Bersih Jadi Tempat Wisata

Magetan – akuratmedianews.com
Pembersihan Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur bertajuk “Festival Dawuhan Senopati” ini bertujuan untuk merangsang semangat warga atas terwujudnya Desa Pacalan sebagai desa wisata di masa mendatang. Demikian disampaikan Kepala Desa Pacalan, Teguh Sigit Trianto, dalam kegiatannya, Minggu (28 Agustus).

“Semoga ini bisa menjadi starting point dengan Festival Dawuhan Senopati dan menginspirasi semangat warga Desa Pacalan untuk menjadikan Pacalan sebagai kunjungan wisata, akan terus kami tingkatkan untuk mewujudkannya.” Kata kepala desa Pacalan.

Dalam kesempatan ini juga terungkap bahwa tidak hanya secara geografis terletak di desa Pacalan, tetapi juga terletak pada jalur utama penting pariwisata di kabupaten Magetan. Desa yang terletak di kaki Gunung Lawu ini juga dikaruniai potensi alam yang beragam dan keindahan yang luar biasa.

Ia juga mengatakan, saat ini pemerintah desa juga telah menyiapkan rencana pembangunan pusat wisata seluas tiga hektare yang akan direalisasikan dalam waktu dekat.

“Kami Pemerintah Desa Pacalan bersama Pokdarwis dan Pemkot Pacalan menggelar Festival Dawuhan Senopati yang dihadiri seluruh warga desa,” jelasnya.

Segala bentuk inovasi yang memungkinkan Desa Pacalan untuk terus menjadi salah satu tujuan wisata desa yang diperhitungkan di masa depan pasti akan masuk dalam skala prioritas pengembangan sektor tersebut.

Salah satunya menambah warna pada acara rutin seperti bersih kampung yang dilakukan. Hal ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi budaya tradisional dengan kesakralannya, tetapi juga dikemas dengan rapi menjadi sebuah konsep pariwisata.

Adapun esensi dari tujuan desa bersih yang dilaksanakan, Teguh Sigit Trianto mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang telah melimpah selama ini.

“Rangkaian bersih kampung yang kami selenggarakan kemarin setiap Jumat Kliwon yang biasanya setiap Jumat Legi di bulan Suro ini merupakan bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rejeki kepada warga Pacalan yang sebagian besar berprofesi sebagai petani sayur. yang kami buat dengan sayur tumpeng,” ujarnya.

Bersih-bersih kampung doa masyarakat yang berlangsung di Sumber Mudal dan dimeriahkan dengan pawai dan pameran seni Reog ini disambut dengan antusias yang luar biasa dari masyarakat sekitar dan pengunjung dari luar daerah. (HST)

Source: akuratmedianews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button