Bersama 16 pimpinan daerah lainnya, Bupati Ipuk mengikuti Digital Leadership Academy di Singapura - WisataHits
Jawa Tengah

Bersama 16 pimpinan daerah lainnya, Bupati Ipuk mengikuti Digital Leadership Academy di Singapura

KOMPAS.com – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas berangkat ke Singapura bersama 16 pimpinan daerah lainnya untuk mengikuti Digital Leadership Academy (DLA) selama empat hari mulai Rabu (23/11/2022) hingga Sabtu (26/11/2022).

Sebagai informasi: DLA merupakan program pelatihan unggulan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI), yang dikembangkan bersama universitas terbaik di dunia, antara lain National University of Singapore (NUS), Tsinghua University , Universitas Harvard dan Universitas Oxford.

Ipuk menjelaskan, peluang yang ditawarkan Kemenkominfo harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menambah ilmu, wawasan dan inspirasi kepemimpinan daerah.

“Kami punya banyak wawasan bagaimana menjadi pemimpin yang memiliki visi digital untuk menyelesaikan masalah publik,” kata Ipuk dalam keterangan tertulis yang diperoleh Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket KA Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi PP

Selama berada di Singapura, Ipuk mengaku mengikuti beberapa di antaranya sesi berbagi dengan pemain Asia dalam ekonomi digital, seperti direktur Pusat Pelatihan Asia & Pasifik untuk Pengembangan TIK, Kiyoung KO.

Para pemimpin daerah juga mengunjungi sejumlah lembaga berbasis digital di negara Kepala Singa itu. Ini termasuk Amazon Web Service (AWS) Singapura, Teknologi Pemerintah Singapura, Perusahaan Investasi Pemerintah Singapura (GIC), dan Divisi Layanan Publik Singapura.

“Semoga rangkaian pertemuan tersebut dapat menjadi pembuka untuk membangun jaringan internasional bagi pembangunan di Banyuwangi. Seperti Amazon yang sepertinya tertarik dengan konsep Smart Kampung Banyuwangi,” jelas Ipuk.

Menurutnya, aktivitas kursus singkat berdampak besar bila dilakukan dengan baik. Ia mencontohkan saat Banyuwangi diajak berpartisipasi kursus singkat pelayanan publik di Azerbaijan pada tahun 2019.

Baca Juga: 28 Tempat Wisata di Banyuwangi Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Kursus singkat tersebut berujung pada Mall Pelayanan Publik yang merupakan salah satu pionir di Indonesia.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengikuti kegiatan Digital Leadership Academy di Singapura.Dermaga. Humas Pemkab Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat mengikuti kegiatan Digital Leadership Academy di Singapura.

“Kemungkinan ada inspirasi baru yang bisa diterapkan nanti di Banyuwangi. Terutama untuk pengembangan program kampung pintar yang selama ini dikembangkan di Banyuwangi,” pungkasnya.

Selain itu, Ipuk juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pasalnya, tidak semua kepala daerah memiliki kesempatan seperti itu.

“Mudah-mudahan ada yang bisa diterapkan nanti di Banyuwangi. Khususnya untuk memperkuat penawaran digital di sini,” harap Ipuk.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button