Berlangsung besok, ini adalah kisi-kisi ujian CAT PPK di Boyolali - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Berlangsung besok, ini adalah kisi-kisi ujian CAT PPK di Boyolali – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin (kanan) bersama Bidang Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan Pendidikan SDM Pemilih Muhammad Rohani (kiri) di kantor KPU, Senin (12/5/2022). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, BOYOLALI —KPU Boyolali mengumumkan 511 peserta lolos seleksi administrasi dari 521 pelamar yang telah mengunggah dokumen.

Peserta yang lulus berhak mengikuti ujian CAT pada Selasa (12/6/2022) di lokasi ujian SMKN 1 Mojosongo.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Ketua KPU Boyolali Ali Fahrudin mengatakan ada beberapa keterampilan yang harus diketahui sebagai calon pejabat PPC. Adapun beberapa pengetahuan yang dimaksud, seperti pengetahuan terkait pemilu dan pilkada, kepartaian dan nasionalisme.

“Baik penyelenggara KPU, Bawaslu, Instansi AD hocpertama terkait pemilu terkait UU No 7 Tahun 2017 dan kemudian terkait UU Pilkada, lalu terkait UU Parpol, lalu nasionalisme, UUD 1945, Pancasila dan lain-lain terkait itu, tidak di mana-mana, ” jelasnya ketika mereka saling mengenal Solopos.com di kantor KPU, Senin (12/5/2022).

Baca juga: Pendaftaran PPK PPS Boyolali Ditutup. Ini adalah persyaratan peringkat yang akan digunakan

Ali menjelaskan, nilai peserta tes CAT akan dirangking dan diambil tiga kali lipat dari kebutuhan atau 15 dari tiap kecamatan. Tes PPK berbasis CAT ini pertama kali dilakukan di Boyolali. Ali mengatakan, KPU telah menyiapkan sistem ujian sebaik mungkin dan berharap berjalan lancar.

“Kami akan memastikan, dan insya Allah juga akan kami lakukan uji coba terkait kesiapan infrastruktur. Kami sudah berkoordinasi dengan SMKN 1 Mojosongo,” ujarnya.

Disinggung soal kesiapan jaringan, Ali mengatakan KPU akan memastikan tidak ada kendala terkait jaringan mengingat daya tampung sekolah yang dianggap layak.

Karena baru pertama kali, kata Ali, peserta ujian diharapkan memperhatikan tahapan, memanfaatkan waktu selama ujian dengan sebaik-baiknya serta mengikuti aturan dan petunjuk yang diberikan. Menurut Ali, ujian CAT yang digelar sangat sederhana dan mudah.

Baca Juga:Pendaftaran PPK PPS Ditutup, Bawaslu Boyolali Lakukan Lima Banding

“Pada dasarnya menggunakan sistem ujian CAT adalah untuk memudahkan semua orang, baik peserta maupun panitia,” ujarnya.

Selain itu, Muhammad Rouhani, Dinas Pendidikan dan Pemasyarakatan Pemilih, dan SDM, Muhammad Rouhani mengatakan, ujian dibagi menjadi empat sesi dalam satu hari. Setidaknya ada lima kamar yang tersedia bagi para kandidat.

“Ujian dilaksanakan dalam satu hari dan terbagi dalam beberapa sesi. Pertama pada pukul 08.00 WIB–10.00 WIB. Kedua, pukul 10.30 WIB – 12.30 WIB. Ketiga, 13.00 WIB – 15.00 WIB. Keempat, pukul 15.30 WIB – 17.30 WIB satu kecamatan ikut satu sesi,” ujarnya di tempat yang sama.

Rouhani menjelaskan, peserta harus hadir 30 menit sebelum ujian. Karena ujian CAT, KPU akan memberikan petunjuk dan tata cara mengikuti ujian CAT sebelum peserta mengikuti ujian. Soal seragam, KPU tidak menentukan apa yang akan dikenakan saat ujian, kata Rouhani, yang penting bebas dan sopan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button