Berkeliling Kota Solo dengan moda transportasi unik, mulai dari kereta Jaladara hingga bus Werkudara - WisataHits
Jawa Tengah

Berkeliling Kota Solo dengan moda transportasi unik, mulai dari kereta Jaladara hingga bus Werkudara

TRIBUN-BALI.COM – Kota Solo tidak hanya memiliki tempat wisata, kuliner, batik atau wisata saja kerajinan tangan hanya. Dijuluki The Spirit of Java, kota ini juga dilengkapi sarana transportasi yang tidak dimiliki daerah lain.

Salah satu alat transportasi yang paling unik dan terkenal di kota Solo adalah kereta uap Jaladara. Kereta api yang dijuluki Sepur Kluthuk ini memiliki rel kereta api di tengah kota, melintasi jalan utama Slamet Riyadi.

Kereta uap Jaladara sangat cocok untuk mengantarkan wisatawan menikmati nuansa kereta uap tua.

Menelusuri sejarah kolonial hingga ribuan tahun, kereta api ini dioperasikan baik oleh lokomotif uap C1218 maupun lokomotif uap D1410 dan beroperasi di jalur KA Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota.

Kereta Uap Jaladara diresmikan pada 27 September 2009 oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafi’i Djamal bersama Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) dengan pemberangkatan pertama dari kantor Walikota Solo Loji Gandrung.

Kereta Jaladara biasanya berhenti di lokasi tertentu mulai dari Loji Gandrung, Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Pertigaan Pasar Pon (Koridor Gatsu-Ngarsopuro), Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center, Gladag Langen Bogan dan Stasiun Solo Kota.

Bus tingkat Werkudara

Selain kereta, wisatawan juga bisa naik bus tingkat Werkudara untuk berkeliling atau menikmati segala sisi kota Solo.

Rute bus Werkudara melewati berbagai tempat wisata legendaris di Solo seperti Stadion Manahan, Stasiun Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Balai Kota Solo, Pasar Gede, Taman Satwa Taru Jurug dan Taman Makam Pahlawan.

Wisatawan bisa merasakan sensasi tersendiri jika memilih duduk di atas bus karena bisa melihat pemandangan kota Solo yang indah.

Tarif bus Werkudara juga sangat murah, hanya Rp 20.000 per orang. Bus ini juga bisa disewa dengan harga Rp 800.000. Bus ini hanya bisa Anda naiki saat akhir pekan saja, yakni Sabtu dan Minggu.

Solo tidak hanya memiliki bus tingkat, tetapi juga kendaraan listrik ramah lingkungan bagi wisatawan. Tak hanya unik, wahana ini juga menawarkan tiga paket rute yang bisa dipilih wisatawan jika ingin menjelajah kota solo.

Jika ingin lebih merakyat, Anda juga bisa mengelilingi kota Solo dengan becak, salah satu moda transportasi jadul yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Menjelajahi jalanan Kota Solo dengan semilir angin yang sejuk membuat Anda betah saat berwisata atau mengunjungi berbagai tempat Instagramable di solo.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo rencanakan liburan di Kota Solo dan bersiaplah berpetualang di kota tersebut dengan transportasi wisata unik yang bebas Anda pilih.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button