Berkat program lima tatanan, Otoritas Perhubungan Kota Bogor berhasil meraih sejumlah prestasi dan inovasi di tahun 2022 – Pojoksatu.id - WisataHits
Jawa Barat

Berkat program lima tatanan, Otoritas Perhubungan Kota Bogor berhasil meraih sejumlah prestasi dan inovasi di tahun 2022 – Pojoksatu.id

POJOKSATU.id, Bogor – Dinas Perhubungan Kota Bogor yang diketuai H. Eko Prabowo atau dikenal dengan Danjen mencanangkan program lima tatanan, yakni Tata Tertib, Tata Tertib Administrasi, Tata Lingkungan, Tata Harta dan Tata Jaringan.

Di tahun 2022, beberapa capaian dan inovasi yang dilakukan yaitu;

Program pelayanan bidang Sarpras adalah peningkatan pelayanan aplikasi SIMAPANGERAN dengan memperbaharui aplikasi E-KIR, yang dapat membantu pemilik kendaraan umum atau angkutan barang untuk menyelesaikan proses pemeriksaan dan mempermudah proses administrasi seputar pengujian kendaraan bermotor.

Selain itu, pekerjaan pemeliharaan dan renovasi rutin dilakukan pada fasilitas umum. Dinas Perhubungan Kota Bogor bersama pihak swasta sedang membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dua titik jalan, yakni Jln Padjajaran (depan Masjid Raya) dan Simpang Wr. jambu biji.

Selain itu, pada tahun 2022, Dinas Penerangan Jalan memasang 6.841 titik lampu PJU di Jalan Gang, 6.543 tersebar di 6 Kabupaten Kota Bogor, 220 di jalan lingkungan perumahan yang tersebar di 6 Kecamatan Kota Bogor, dan 78 di Jalan Utama di Jalan Kolonel Ahmad Syam ( Jalan R3) yang menjadi salah satu prioritas di mana angkutan umum massal BTS beroperasi di ruas jalan ini, serta pengembangan pengembangan kawasan di sekitar lokasi.

Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) memberikan bantuan BBM senilai Rp 600.000 kepada angkot dan pengemudi ojek online (Ojol) melalui Kementerian Perhubungan (Dishub).

Bantuan BLT BBM di Bogor ini diperuntukkan bagi 2.341 penerima manfaat, yang terdiri dari 1.341 pengemudi angkutan umum dan 1.000 pengemudi Ojol ber-KTP Kota Bogor.

Sebagai bagian dari rangkaian Hari Angkutan Nasional Tingkat Kota Bogor 2022, Ketua Kompepar menandatangani protokol eks angkot sebagai angkutan wisata yang disaksikan Walikota Bogor.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Dinas Perhubungan Kota Bogor untuk memajukan pariwisata di Kota Bogor.

Melaksanakan kegiatan pemantauan dan penertiban ojek online (WASDALOJOL), pemantauan operasional di ruang publik dan memberikan arahan, humas terkait zona bebas ojek online di Jl. Padjajaran, Jl. Otto Iskandar Dinata, Jl. orang Irlandia H.Juanda, Jl. Jalak Harupat dan Jl. Kapten Muslihat, Jl. Paledang.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Bogor melakukan sosialisasi DARTIBLANTAS kepada siswa SMP-SMA/SMK se-Kota Bogor untuk meningkatkan kesadaran dan ketertiban berlalu lintas sejak dini.

Terkait sosialisasi pembangunan 2 koridor Transpakuan dan 6 jalur angkutan kota dengan program Buy the Service (BTS).

Pada tahun 2023, target jumlah kendaraan angkutan kota (diluar Biskita) yang beroperasi di Kota Bogor adalah 1.012 unit, dan diusulkan untuk menambah 281 unit kendaraan angkutan kota yang diubah menjadi armada Biskita sebanyak 28 unit, dan 98 van konversi 2:1. untuk mencapai permintaan yang dibutuhkan pada tahun 2023.

Selain sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan badan hukum tentang rencana pembangunan transportasi perkotaan dengan program BTS, juga dilakukan kunjungan kerja antara Dinas Angkutan Kota Bogor dengan badan hukum kota Solo.

Lalu lintas Wasdal-Gatur untuk meningkatkan keselamatan transportasi akan lebih ditingkatkan. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah pembentukan Tim Satuan Reaksi Cepat yang dikenal dengan Tim 54 Terbaik.

Tim Best 54 bertanggung jawab dalam pengendalian dan pencegahan pelanggaran peraturan daerah yang bersinergi dengan tugas dan fungsi Dinas Perhubungan Kota Bogor, dengan tujuan memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada pengguna jalan.

Pada Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 yang diselenggarakan di Sukabumi, Jawa Barat, 54 tim Terbaik mendapatkan penghargaan Tim URC Jawa Barat Terbaik. (Adv/Pojoksatu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button