Berkah dari kompetisi JRRC mendorong desa patroli menjadi desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Berkah dari kompetisi JRRC mendorong desa patroli menjadi desa wisata

Bisnis.comBANDUNG – Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut dianugerahi kompetisi JQR River Rescue Challenge (JRRC) di Sungai Cimanuk mulai 30 September hingga 2 Oktober 2022.

Warga Desa Patrol memanfaatkannya untuk mencari nafkah dalam kegiatan kompetisi JRRC ini, termasuk seorang pedagang bernama Emak Ros. Ia mengaku mendapat manfaat dari kegiatan kompetisi di desa tersebut.

Ia mengungkapkan merchandise-nya mengalami peningkatan pendapatan yang berbeda dari sebelum kompetisi.

“Alhamdulillah, penjualan ramai tidak seperti hari-hari sebelum kompetisi,” kata Emak Ros dalam siaran pers yang diperoleh Bisnis, Selasa (10/4/2022).

Emak Ros juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menjadi tuan rumah lomba penyelamatan sungai pertama di Indonesia di desa tempat tinggalnya.

Sementara itu, Enjang Sukandar, 56 tahun, warga Kampung Patroli merasa bangga dengan digelarnya kompetisi Indonesia di kampung halamannya.

“Ya ramai sekali, Sungai Cimanuk suka melihat banyak aktivitas, tapi lain halnya, ramai sekali, saya juga dengar ini event pertama di Indonesia,” kata Enjang.

Enjang mengakui kompetisi JRRC berdampak pada pembangunan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar, seperti B.akses jalan

“Di sini juga banyak pembangunan baru, seperti jalan baru dibangun di sini, ada juga bale-bale yang bisa dimanfaatkan warga sekitar sini, pokoknya positif,” ujarnya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Patroli Deni Hermansyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Respon Cepat Jabar yang mempercayakan daerahnya menjadi tuan rumah lomba Penyelamatan Sungai.

Menurut Deni, acara ini berdampak positif karena para pemuda di sini terlibat dalam acara ini. “Ada sekitar 25 orang dari warga di sini, ini suatu kebanggaan tersendiri, terima kasih kepada pihak penyelenggara,” kata Deni.

Kepala Biro Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Jumaril mengatakan sungai bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Manfaat sungai dapat dimanfaatkan untuk olahraga, pariwisata, pelestarian alam dan penguatan ekonomi nasional.

“Kalau dari sisi pariwisata tentu Kementerian Pariwisata atau dinas pariwisata daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana JRRC Sandi Prisma Putra optimistis dengan diadakannya kompetisi JRRC di Desa Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut ini akan mendorong pembangunan desa yang berkelanjutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sandi mengatakan ke depan, setelah kompetisi JRRC, Desa Patrol berpotensi menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Garut dengan nilai jual wisata olahraga arung jeram di Sungai Cimanuk ini.

“Salah satu tujuan yang diterapkan JRRC tidak hanya kompetitif, tetapi juga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Dengan adanya kegiatan ini, banyak warga sekitar yang memanfaatkannya untuk berdagang di sini,” kata Sandi.

Sandi melanjutkan, tujuan penerapan JRRC bukan hanya untuk mengadakan kompetisi, tujuan lain untuk mempromosikan potensi SAR, membuat SOP untuk kegiatan saat ini yang kuat, kesadaran lingkungan dan akhirnya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Sandi juga mengapresiasi warga Kampung Patroli yang menyukseskan lomba tersebut. Bahkan, panitia dan warga bekerja sama selama 4 hari untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: bandung.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button