Berita Magelang - Bupati Magelang Dirikan Desa Wisata dan Rencanakan Digital Agro Edu Tourism di Sambak Kajoran - WisataHits
Yogyakarta

Berita Magelang – Bupati Magelang Dirikan Desa Wisata dan Rencanakan Digital Agro Edu Tourism di Sambak Kajoran

Berita Magelang – Bupati Magelang Dirikan Desa Wisata dan Rencanakan Digital Agro Edu Tourism di Sambak Kajoran

BERITAMAGELANG.ID – Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat di desa wisata merupakan konsep pariwisata berkelanjutan yang menghadirkan pariwisata bertanggung jawab, pariwisata bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan wisata ramah lingkungan, sehingga pengembangan desa wisata selaras dengan pelestarian alam.

Demikian disampaikan Bupati Magelang Zaenal Arifin pada peluncuran Desa Wisata sekaligus pemaparan Digital Agro-Edu Tourism bekerjasama dengan FTP UGM Yogyakarta dan Yanmar Jepang beserta OPD terkait dan Forkompimcam Kecamatan Kajoran di Desa Sambak, Kecamatan Kajoran , Kabupaten Magelang, Jumat (27/1/2023).

“Dengan demikian, desa wisata dapat dinikmati pengunjung dengan memperoleh pengalaman otentik dalam perspektif ruang dialog, interaksi dan pembelajaran karakter budaya atau kearifan lokal masyarakat setempat,” kata Zaenal.

Zaenal menyampaikan bahwa desa wisata yang baik adalah desa wisata yang mampu mewujudkan potensinya sekaligus mengatasi berbagai tantangan yang menjadi peluang bagi desa untuk berkembang bahkan menjadi tempat wisata alternatif yang tepat untuk wisata masal.

Untuk itu, ekowisata melalui pemanfaatan teknologi diharapkan mampu menghadapi transformasi semua sektor yang sedang berkembang dan mampu meningkatkan kelestarian desa baik secara ekologis, budaya maupun ekonomi untuk tetap terjaga.

Zaenal juga berharap program desa wisata serta program wisata Digitaly Agro Edu di desa Sambak dapat dikembangkan lebih lanjut, sehingga sistem pemantauan emisi gas rumah kaca di kawasan industri tahu dengan menerapkan teknologi biogas dan air limbahnya dapat dimanfaatkan untuk lingkungan, misalnya sebagai pupuk organik.

Sementara itu, Dahlan Kepala Desa Sambak mengucapkan terima kasih kepada Bupati Magelang dan OPD terkait yang telah mempromosikan Desa Sambak berbasis Program Kompensasi Rakyat, sehingga kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan adaptasi dan mitigasi.

“Tahun 2017, Desa Sambak mendapatkan Penghargaan Proklim Utama, dan desa kami juga mendapatkan Anugerah Kalpataru tahun 2016 untuk menjadi caleg nasional tingkat provinsi. Desa kami juga juara 3 se Kalpataru,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button