Berikut 5 manfaat mudik menggunakan kereta api - WisataHits
wisatahits

Berikut 5 manfaat mudik menggunakan kereta api

Berikut 5 manfaat mudik menggunakan kereta api

Piknikdong.com – Kereta api masih menjadi moda transportasi favorit masyarakat untuk berwisata liburan di hari libur nasional.

Pada musim reuni Idul Fitri 2023, KAI menyiapkan lebih dari 3 juta tiket KA jarak jauh yang bisa digunakan masyarakat untuk berpergian selama libur lebaran.

Berikut 5 manfaat mudik menggunakan kereta apiManfaat mudik dengan kereta api, image by: KAI.id

Vice President Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus mengatakan, berdasarkan pantauan KAI pada 1 April 2023 pukul 08.00 WIB, penjualan tiket kereta api rangkap selama masa angkutan Lebaran 2023 sudah mencapai 100%. , seperti KA Airlangga (Pasar Senen – Surabaya Pasarturi pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan – Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar pp), KA Bengawan (Pasar Senen – Purwosari pp) dan KA Rajabasa (Kertapati – Tanjungkarang pp).

Ini bukan tanpa alasan. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih hemat dan efisien.

Manfaat pulang dengan kereta api

Tak hanya itu, kereta api juga memiliki sejumlah keunggulan lain yang patut menjadi pilihan saat mudik nanti.

Jadi apa manfaat pulang dengan kereta api? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Utamakan keselamatan

Tidak perlu khawatir selama perjalanan pulang pergi dengan kereta api, karena staf KAI akan memastikan keamanan perjalanan pulang klien hingga tiba di kampung halaman.

Menyambut Angkutan Lebaran 2023, KAI dan stakeholder perkeretaapian melakukan inspeksi di berbagai wilayah Pulau Jawa pada 6-8 Maret.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk memverifikasi kesiapan berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia dan aspek pendukung lainnya.

Lokomotif, kereta api, rel, jembatan, terowongan, dan persinyalan juga dijamin dalam kondisi andal dan siap pakai.

Selain itu, KAI akan menyiagakan tambahan inspektur jalur, tambahan penjaga penyeberangan, dan tambahan petugas pos komando daerah rawan.

KAI juga telah menyiapkan strategi manajemen krisis yang disebut AMUS (Tools, Materials, For Standby).

Selain menyiagakan tim yang terdiri dari personel ahli di lapangan, cara ini juga menyediakan alat dan material yang tersebar di lokasi-lokasi strategis sepanjang rel kereta api. Hal ini dimaksudkan agar dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

2. Sehat dan nyaman

Meski kondisi Covid-19 telah membaik, KAI tetap menerapkan kebijakan protokol kesehatan untuk memastikan perjalanan pulang masyarakat tetap sehat, aman dan nyaman, dengan mewajibkan pelanggan sudah menerima vaksin dosis ketiga (booster).

Hal ini sesuai dengan SE Kemenhub No. 84 Tahun 2022 dan SE Kemenkes nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

“KAI tetap berkomitmen untuk terus mengikuti imbauan pemerintah dalam memberikan pelayanan transportasi yang sehat kepada seluruh pelanggan, baik di stasiun maupun selama perjalanan,”

kata Joni.

3. Tepat waktu

Ketepatan waktu merupakan hal yang sering dirasakan masyarakat saat menggunakan kereta api.

Kereta api merupakan moda transportasi yang tidak macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan lebih cepat bertemu dengan keluarga dan orang-orang tersayang.

Bahkan ketepatan waktu KAI saat ini adalah 99,6%.

KAI terus meningkatkan waktu tempuh KA secara bertahap melalui perbaikan infrastruktur.

Alhasil, kereta bisa mencapai kecepatan hingga 120 km per jam. Meski kecepatannya meningkat, keselamatan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama.

4. Aksesibilitas

Stasiun KAI melayani banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh moda transportasi lain.

Selain itu, banyak juga stasiun yang menawarkan akses naik turun langsung di pusat kota.

5. Perjalanan anti-stres

Salah satu keuntungan berwisata dengan kereta api adalah pemandangan di sepanjang jalur berupa hutan, pegunungan, persawahan, sungai, jembatan, terowongan bahkan pantai dapat dinikmati pelanggan.

Pelanggan dapat memilih jenis kereta sesuai dengan kebutuhannya, seperti ekonomi, bisnis, eksekutif, mewah atau panorama.

Pelanggan tidak perlu khawatir kehabisan baterai smartphone karena colokan listrik tersedia di setiap kursi.

Bagi pelanggan yang menyukai fine dining, pasti merasakan sensasi kuliner di atas kereta api karena selalu menyajikan makanan yang segar dan lezat.

Naik kereta tidak akan membosankan atau membuat stres.

KAI terus meningkatkan pelayanannya untuk menyesuaikan dengan keinginan pelanggan melalui berbagai inovasi, khususnya untuk Angkutan Lebaran 2023.

KAI juga memberikan beberapa fasilitas layanan tambahan kepada pelanggan, antara lain pemberian takjil, penyediaan air minum dan pojok baca di beberapa stasiun, serta pemberian doorprize dan merchandise untuk anak-anak.

Hal ini dilakukan KAI dalam rangka memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan dan menyenangkan bagi masyarakat.

Joni mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanannya dengan baik mengingat masih tersedianya tiket yang cukup untuk masa Angkutan Lebaran.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis terjual, pelanggan dapat memilih tanggal lain atau memanfaatkan fitur KA Sambungan di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan menggabungkan jadwal KA lanjutan.

“KAI berkomitmen untuk mengoperasikan seluruh perjalanan kereta api pada masa angkutan Lebaran 2023 nanti dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,”

tutup Joni.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button