Berikut 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia beserta fokus kegiatan industrinya - WisataHits
Jawa Tengah

Berikut 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia beserta fokus kegiatan industrinya

YOGYAKARTA – Pengembangan 18 kawasan ekonomi khusus di Indonesia merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keadilan ekonomi. Ke-18 wilayah tersebut ditetapkan oleh pemerintah pusat berdasarkan usulan dari perusahaan dan pemerintah daerah. Lalu dimanakah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia?

18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia

Dikutip suara keluar cake.go.idRabu, 12 Oktober 2022 KEK adalah kawasan dengan batas-batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berkomitmen untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat ekonomi tertentu.

Pembangunan KEK bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan, serta meningkatkan daya saing bangsa.

Kawasan ekonomi khusus dikembangkan di kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategis serta dapat menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lainnya yang bernilai ekonomi tinggi dan berdaya saing internasional.

Keberadaan KEK diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi di tingkat nasional melalui nilai tambah industri, pariwisata dan rantai nilai.

Pada tahun 2022 akan ada 18 KEK di Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei

KEK Sei Mangke berada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. KEK yang dibangun di atas lahan seluas 2.002 hektar ini mulai beroperasi pada Januari 2015.

KEK Sei Mangke termasuk dalam KEK Industri dan Pariwisata. Kegiatan utama meliputi industri kelapa sawit, industri pengolahan karet, pariwisata dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe

Kawasan Ekonomi Khusus ini didirikan di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. KEK Arun Lhokseumawe telah beroperasi sejak 14 Desember 2018. Luasnya 2.662 hektar.

KEK Arun berfokus pada kegiatan industri seperti industri energi; industri petrokimia dan kimia lainnya; industri pengolahan minyak sawit; industri pengolahan kayu; dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Teknik Aero Batam

KEK Aero Technic dibangun di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021.

KEK seluas 30 hektar ini masuk dalam kategori industri dengan fokus pada perawatan, perbaikan dan overhaul pesawat (MRO).

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa

Sama halnya dengan KEK Aero Technic, KEK ini juga berada di Kota Batam. Statusnya juga baru ditetapkan pada Juni 2021.

KEK Nongsa berdiri di atas lahan seluas 166 hektar dan termasuk dalam KEK industri pariwisata. Kegiatan utamanya adalah taman digital dan pariwisata.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang

KEK Galang Batang terletak di Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau dan termasuk dalam kategori KEK industri. KEK yang berdiri di atas lahan seluas 2.333 hektar ini disiapkan untuk industri pengolahan dan logistik bauksit.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang

KEK yang terletak di Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung ini telah beroperasi sejak Maret 2019.

Dengan luas 324 hektar, KEK Tanjung Kelayang fokus mengeksplorasi tempat wisata dan akomodasi.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Lido

Ilustrasi proyek .SEZ Lido
Ilustrasi proyek KEK Lido (Foto Dok. MNC Land)

KEK Lido terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini akan ditetapkan sebagai KEK pada tahun 2021. Dengan luas 1.040 hektar, KEK Lido masuk dalam kategori KEK Pariwisata. Kegiatan utamanya adalah pariwisata dan industri kreatif.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Kendal

Seperti namanya, Kawasan Ekonomi Khusus ini terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. KEK Kendal telah beroperasi sejak Mei 2021.

KEK Kendal meliputi area seluas 1.000 hektar. Kegiatan utamanya adalah industri tekstil dan fesyen, industri furnitur dan peralatan bermain, Industri Industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri elektronik dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Gresik

Kawasan ini akan ditetapkan sebagai KEK pada tahun 2021. KEK Gresik akan dibangun di atas lahan seluas 2.167 hektar dan dirancang untuk industri. Kegiatan utama KEK Gresik adalah industri logam, industri kelistrikan, industri kimia, industri energi dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari

Berbasis di Kabupaten Malang, Jawa Timur, KEK Singhasari berfokus pada industri pariwisata dan pengembangan teknologi. Luas KEK Singhasari mencapai 120 hektar.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

KEK ini dibangun di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. KEK Mandalika yang telah beroperasi sejak Oktober 2017 dirancang untuk kegiatan wisata.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Trans Kalimantan Maloy Batuta

KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) dibangun di atas lahan seluas 557 hektar. Kawasan ini terletak di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

KEK MBTK dirancang untuk kegiatan industri dan telah beroperasi sejak April 2019. Kegiatan utamanya adalah industri pengolahan kelapa sawit, industri energi dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Palu

KEK Palu telah beroperasi sejak September 2017. KEK ini dibangun di atas lahan seluas 1.500 hektar dan fokus pada industri. Fokusnya adalah pada industri logam dasar dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Reading

KEK Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Banten dikembangkan untuk industri pariwisata.

Luas Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung seluas 1.500 hektar dan telah beroperasi sejak Februari 2015.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Likupang

KEK ini dikembangkan untuk industri pariwisata. Kawasan Ekonomi Khusus Likupang terletak di Kabupaten Miinahasa Utara, Sulawesi Utara.

Kawasan ini ditetapkan sebagai KEK pada Desember 2019 dan dibangun di atas lahan seluas 197 hektar.

  1. Zona Ekonomi Khusus Menggigit

Dibangun di Kota Bitung, Sulawesi Utara, KEK ini fokus pada kegiatan industri dan telah beroperasi sejak April 2019.

Kegiatan utamanya adalah pengolahan kelapa, industri pengolahan ikan dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Morotai

KEK Morotai terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara dan mencakup area seluas 1.110 hektar.

KEK ini telah beroperasi sejak April 2019 dan fokus pada industri pariwisata, industri pengolahan ikan dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Sorong

Dibangun di Kabupaten Sorong, Papua Barat, KEK telah beroperasi sejak Oktober 2019. Luasnya 523 hektar.

Kegiatan utama KEK Sorong meliputi industri pengolahan nikel, industri pengolahan kelapa sawit, industri hasil hutan dan perkebunan sagu, serta industri logistik.

Demikian informasi mengenai 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia. Mungkin berguna!

Source: voi.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button