Berawal dari koperasi masjid, Invulnerable menjadi koperasi juara yang membebaskan warga dari jebakan rentenir - WisataHits
Jawa Barat

Berawal dari koperasi masjid, Invulnerable menjadi koperasi juara yang membebaskan warga dari jebakan rentenir

GORAJUARA – Tidak ada yang menyangka bahwa “kekebalan” bisa tersebar luas di kalangan masyarakat Bandung. Ada 660 orang yang bergabung sebagai anggota untuk saling berbagi dan meringankan beban.

Berlokasi di Jalan Sukagalih No. 88 Kecamatan Sukajadi, keluarga Al Muttaqien atau dikenal dengan Kebal telah beroperasi sebagai koperasi simpan pinjam sejak tahun 1998.

Ketua Sistem Imun Irwansyah mengatakan, koperasi ini awalnya digagas oleh pimpinan RW 05 Jamaah Al Muttaqien untuk saling membantu di tengah krisis mata uang.

Baca Juga: Traveler’s Paradise, Ini Dia Beberapa Tempat Wisata Menarik Di Jepang

“Karena krisis mata uang, beberapa orang bergantung pada rentenir seumur hidup. Banyak orang kaya ingin membantu mereka, tetapi jika mereka diberikan secara langsung, tidak akan ada pendidikan. Makanya salah satunya melalui koperasi ini,” ujarnya kepada Irwan saat ditemui Humas Kota Bandung, Senin, 15 Agustus 2022.

Menurutnya, Immune berbeda dengan koperasi lain karena tidak menggunakan uang sebagai komoditas. Uang yang terkumpul digunakan sebesar-besarnya untuk kebutuhan para anggota koperasi.

“Biaya pelayanan hanya 0,2 persen. Kami perbanyak kegiatan sosial di sini untuk membantu masyarakat kurang mampu dan masyarakat sekitar yang terjebak oleh rentenir dengan program edukasi keuangan,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Film Bertema Pertempuran yang Cocok Ditonton Jelang Peringatan HUT RI ke-77 17 Agustus 2022

Sistem ini memiliki penghematan modal masing-masing sebesar Rp100.000, simpanan wajib sebesar Rp20.000 per orang dan total kontribusi asuransi kematian dan kesehatan sebesar Rp5.000 per bulan.

Source: www.gorajuara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button