Benteng terbesar di dunia ada di Indonesia, 23.000 hektar - WisataHits
Jawa Timur

Benteng terbesar di dunia ada di Indonesia, 23.000 hektar

ZONA SURABAYA BESAR – Jika Anda berpikir benteng terbesar ada di Inggris atau di negara-negara Eropa, Anda tampak besar.

Tahukah Anda bahwa benteng terbesar di dunia ternyata ada di Indonesia, namanya Benteng Keraton Buton (Benteng Wolio) yang terletak di Desa Wisata Limbo Wolio, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Sebagai benteng terbesar di dunia, Benteng Keraton Buton diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guinness Book of World Records pada September 2006.

Luas benteng dihitung menjadi 23.375 hektar. Ada 12 gerbang yang disebut Lawa dan 16 posisi meriam yang disebut Baluara, dikutip dari situs Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Jumat 19 Agustus 2022.

Baca juga: Menteri Basuki: Rehabilitasi Benteng Pendem Harus Hati-hati

Pembangunan Benteng Keraton Buton dimulai pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji dengan gelar Sultan Kaimuddin. Semula, bentuk benteng hanya berupa tumpukan batu yang disusun mengelilingi kompleks keraton.

Tujuan pembangunan adalah untuk membatasi wilayah keraton dengan masyarakat desa dan benteng.

Kemudian benteng piramida dibangun secara permanen pada masa pemerintahan Sultan Buton IV, La Elangi atau Sultan Dayanu Ikhsanuddin.

Berkat benteng tersebut, Kesultanan Buton mampu bertahan dan menghindari musuh-musuhnya selama lebih dari empat abad. Wisatawan yang datang ke tempat ini dapat melihat pemandangan Kota Baubau dan menyaksikan perahu-perahu hilir mudik di Selat Buton dari atas Benteng Wolio.

Source: zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button