Belajar Safety Riding Itu Menyenangkan oleh AHM Foundation - WisataHits
Yogyakarta

Belajar Safety Riding Itu Menyenangkan oleh AHM Foundation

Berkendara dengan aman

OtomotifZone.com – Bekasi. Kampanye keselamatan berkendara membutuhkan cara yang kreatif dan menarik bagi generasi muda. Yayasan Astra Honda Motor (AHM Foundation) mengemas penyampaian pesan selamat berkendara ini melalui Wisata Edukasi Satu Hati di Astra Honda Safety Riding Lab. Program yang dirancang secara unik ini membawa kegembiraan untuk belajar berkendara dengan aman sambil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sepeda motor.

Pada peluncuran perdananya di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (19/10), AHM Foundation mengundang sejumlah media untuk menghadiri peluncuran Wisata Edukasi Satu Hati dengan pembelajaran dari Kelompok Belajar Paket Satu Hati semakin dekat. Edukasi ini dikemas secara unik dan menarik melalui serangkaian program seperti penilaian siswa melalui rapor hasil tes pemahaman keselamatan berkendara. Semua materi pembelajaran diberikan langsung oleh Safety Riding Ambassador sekolah yang telah dilatih oleh AHM.

Berkendara dengan aman

Peserta akan ditantang untuk menguji pengetahuan etika berlalu lintas, menavigasi berbagai kondisi jalan dengan aman menggunakan simulator mengemudi Honda Riding Trainer (HRT), dan menunjukkan keterampilan mengemudi mereka melalui berbagai rintangan. Di akhir sesi, peserta akan menerima hasil penilaian pemahaman mereka tentang berkendara yang aman sebagai panduan bagi mereka untuk lebih meningkatkan kompetensinya.

Safety Riding Lab Astra Honda memiliki 3 zona yaitu zona audiovisual, zona simulasi dan zona latihan. Pelajari ilmu etika berlalu lintas di zona audiovisual. Pada bagian ini, peserta membahas berbagai keterampilan berkendara aman dengan menggunakan video short safe driving sebagai simulasi beberapa kondisi berkendara di jalan raya, sehingga diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk menganalisis dan mendiskusikan potensi masalah dalam lalu lintas. Kegiatan dilanjutkan dengan pelatih riding Honda di zona simulasi.

Para peserta berkesempatan mencoba simulasi berkendara dengan berbagai jenis sepeda motor di berbagai kondisi jalan. Setelah menguasai teori dan simulasi lari, para peserta diajak mengendarai sepeda motor di Zona Latihan yang dilengkapi dengan kondisi jalan dan rambu lalu lintas yang berbeda. Di zona ini, peserta akan menyelesaikan berbagai tantangan berkendara seperti menikung dengan membentuk angka 8, tantangan mengemudi di tengah rintangan di sisi kanan dan kiri jalan, dan juga tantangan menjaga keseimbangan di trek khusus dengan waktu yang ditentukan.

Ketua AHM Foundation Ahmad Muhibbuddin berharap kesadaran berkendara di masyarakat dapat terus dicerminkan melalui berbagai cara yang menyenangkan dan saluran yang efektif. Pendekatan pedagogis digulirkan menurut metode yang paling menarik bagi setiap elemen masyarakat. Salah satunya adalah pendekatan hiburan edukatif yang dilakukan dalam mengedukasi generasi muda tentang keselamatan berkendara.

“Kami ingin dapat terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi, untuk selalu mengutamakan keselamatan berkendara sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Kami berharap edukasi yang dikemas secara fun dalam Wisata Edukasi Satu Hati ini dapat diterima dengan baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Muhib.

Astra Honda Safety Riding Lab merupakan salah satu program kampanye keselamatan berkendara berkelanjutan yang dibuat oleh AHM Foundation. Kampanye ini dirintis pada tahun 2012 oleh program Sahabat Satu Hati untuk berbagi pengetahuan berkendara di berbagai sekolah yang menghasilkan siswa sebagai duta berkendara yang aman. Program dilanjutkan di tahun 2016 dengan Safety Riding Camp, dimana para Duta Safety Riding dilatih blogging dan fotografi sebagai media kampanye.

Pada tahun 2020, Yayasan AHM juga membangun Taman Lalu Lintas Anak (TTLA) di Desa Kalihurip, Jawa Barat sebagai sarana untuk memberikan edukasi berkendara yang aman sejak dini. Materi ajar untuk anak usia 4 – 9 tahun dengan pengenalan rambu lalu lintas dan lampu lalu lintas, penggunaan peralatan berkendara yang benar dan manfaatnya, berlatih bersepeda di lintasan atau lintasan mengikuti rambu dan menyeberang dengan aman. AHM Foundation juga telah mengembangkan Traffic Ethics Zone sebagai wahana permainan anak di Taman Pintar, Yogyakarta.

Pertama kali dilakukan oleh SMK Mitra Industri, kegiatan Wisata Edukasi Satu Hati ini juga terbuka bagi siswa dari berbagai sekolah yang tertarik untuk belajar tentang keselamatan berkendara di sekolah dengan fasilitas lengkap seperti Astra Honda Safety Riding Lab. SMK Mitra Industri merupakan salah satu sekolah yang didukung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan bagian dari Sekolah Satu Hati yang memiliki fasilitas yang mumpuni sebagai bagian dari program ekstrakurikuler sekolah.

Di bidang keselamatan berkendara, sekolah ini merupakan sekolah sponsor pertama yang memiliki Astra Honda Safety Riding Lab yang dilengkapi dengan simulator Honda Riding Trainer, area latihan, lab audiovisual, serta Safety Riding Ambassador yang terdiri dari para tenaga terlatih. siswa dan instruktur terdiri dari Astra Honda Safety Riding Instructor.

Selain itu, sejak tahun 2014, SMK Mitra Industri juga menjadi salah satu Sekolah Teknik Sepeda Motor dan Bisnis Astra Honda. Dengan dukungan Yayasan AHM, sekolah ini mampu menjadi sekolah Adiwiyata berwawasan lingkungan yang dilengkapi dengan Hydroponic Learning Center dan Juara Asia Tenggara 2018 diraih pada ajang Southeast Asian Ministers of Education. Sekolah ini mengembangkan seni Angklung, Situs Warisan Dunia, sejak tahun 2016 bekerja sama dengan AHM Foundation. Grup musik angklung sekolah ini pernah tampil di event-event tingkat nasional termasuk beberapa event grup Astra.

Penerbit: Suhendri Wibowo | Sumber: DAM

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button