Bekerjasama dengan Pokdarwis Goa Cemara, EPN Environmental adakan CSR - WisataHits
Yogyakarta

Bekerjasama dengan Pokdarwis Goa Cemara, EPN Environmental adakan CSR

YOGYAKARTA, investor.id – PT Elnusa Petrofin (EPN) kembali melakukan kegiatan Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) #PetrofinPeduli dengan pilar kebersihan yang fokus pada lingkungan. Aksi pelestarian lingkungan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli di pinggir laut Goa Cemara Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Cemara dan diselenggarakan oleh Kepala Kawasan Pejalan Kaki Dinas Pariwisata Bantul, Warsawa.

Tindakan yang dilakukan anak perusahaan PT Elnusa Tbk tersebut juga sesuai dengan poin 14 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu pelestarian ekosistem laut melalui konservasi dan pemanfaatan sumber daya kelautan, kelautan, dan maritim secara berkelanjutan untuk pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: ASIAP Elnusa Petrofin mempromosikan pengurangan sampah laut sebesar 7,2 ton per bulan

Kepala Komunikasi Perusahaan & Dukungan VR PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan kegiatan CSR ini dimulai dari perakitan dan pengecatan tempat sampah besar (tempat sampah besar) berbentuk kura-kura setinggi lebih dari 2 meter. Perakitan dan pengecatan juga dilakukan oleh 350 petugas – begitu pekerja Elnusa Petrofin dipanggil – yang dibagi menjadi 5 tim sesuai jumlah tempat sampah besar, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan sampah. Kegiatan CSR diakhiri dengan pelepasan lebih dari 100 ekor anakan yang dipimpin oleh Presiden dan Direktur PT Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo; Direktur Operasi dan Pemasaran PT Elnusa Petrofin, Nur Kholis; Direktur Administrasi dan Keuangan, Hanny Retno Hapsari dan Manajemen Perusahaan.

“Kegiatan pelepasan dan penggalangan dana untuk hewan muda tempat sampah besar yang juga diisi dengan aksi bersih pantai merupakan salah satu pilar #PetrofinPeduli yaitu #PetrofinResik yang fokus pada peningkatan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan penyu dan menjaga kebersihan pantai Goa Cemara. Sebelum melakukan kegiatan, kami melihat tempat sampah yang ada di pantai ini tidak mencukupi, sehingga kami mendonasikan sebuah tong sampah berukuran besar. Selain itu, Pantai Gua Cemara merupakan tempat untuk memelihara hewan-hewan muda, agar kedepannya kebersihan pantai dapat terjaga dengan baik. Begitu juga dengan konservasi penyu yang dilepasliarkan,” kata Arsa dalam keterangan tertulis, akhir pekan lalu.

Baca juga: Elnusa Petrofin Tanam 500 Bibit Mangrove di Tanjung Pandan

Sebagai informasi, jenis anak yang dilepas adalah anak penyu sisik yang dikonservasi oleh Pokdarwis di kawasan Goa Cemara. Penyu juvenil atau penyu sisik ini merupakan salah satu jenis penyu yang terancam punah.

Aditya Budi Prabowo, Presiden Direktur PT Elnusa Petrofin, menyatakan perusahaan selalu menawarkan keuntungan dalam setiap kegiatannya. Ia juga menjelaskan filosofi di balik kegiatan CSR di mana anak-anak yang menetas dilepaskan bersama.

“Penyu saat ini merupakan hewan yang dilindungi karena keberadaannya cukup mengkhawatirkan. Pelepasan hewan-hewan muda ini berarti kontribusi terhadap konservasi penyu. Yang dilepas akan bertahan hidup, pantang menyerah, dan bisa tumbuh menjadi penyu besar. Begitu juga dengan pertumbuhan Elnusa Petrofin,” kata Aditya.

Baca juga: Hewan muda dilepaskan ke alam

Suranto, Ketua Pokdarwis Goa Cemara, mengucapkan terima kasih kepada Elnusa Petrofin yang telah mendukung konservasi penyu yang menjadi visi utama didirikannya Pokdarwis Goa Cemara. Ditambahkannya, dukungan perusahaan tentunya dapat mempercepat proses konservasi penyu yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin.

“Terima kasih kepada Elnusa Petrofin yang telah memilih Goa Cemara sebagai tempat berdonasi tempat sampah raksasa dan juga pelepasan anak. Bantuan Elnusa Petrofin tentunya sangat berarti bagi kami dan seluruh masyarakat pesisir Goa Cemara. Khususnya dalam perlindungan lingkungan, agar kebersihan pantai ini bisa terjaga dengan baik kedepannya dan anak cucu kita tetap bisa melihat keindahan anak-anaknya,” tambah Warsih.

Penerbit: Selamat Amanda Amalia ([email protected])

Source: investor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button