Bekerjasama dengan masyarakat, mahasiswa UGM KKN 2022 membudayakan kebersamaan dengan menanam pohon gebang yang ikonik - WisataHits
Yogyakarta

Bekerjasama dengan masyarakat, mahasiswa UGM KKN 2022 membudayakan kebersamaan dengan menanam pohon gebang yang ikonik

Yogyakarta – Mahasiswa Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Kuliah Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM UGM) Periode 2 2022 Unit Ngemplak YO-053, bekerjasama dengan masyarakat Gebang menanam pohon ikon Dusun Gebang. Acara ini terselenggara dengan penanaman Pohon Gebang (Corypha utan) simbolis di kawasan Candi Gebang, Dusun Gebang, Jetis Padukuhan, Desa Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman, Minggu (7/8).

Acara ini merupakan bentuk implementasi program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bertema Indonesia Bersatu yang diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. Program dengan topik “Gotong Royong menyebabkan ledakan“Diharapkan hal ini juga dapat menanamkan semangat gerakan revolusi mental Indonesia Bersatu yang antara lain berbalut nilai-nilai filosofis Jawa. nyawiji (kebersamaan), gotong royong, rukun (Harmoni), terapkan silo (Kesopanan), Tepa Salira (Empati), pekerjaan tangan (sense of belonging), kelestarian lingkungan, tanggung jawab, disiplin, pembagian tugas dan keseimbangan.

Acara diawali dengan penyampaian berbagai sambutan di Limasan Mahasvin Farm. Koordinator Kemahasiswaan Unit Ngemplak Baik Aisyah Adania mengatakan, mahasiswa KKN berinisiatif mengiringi momentum HUT RI dan menanam 17 pohon gebang. Lokasi penanaman akan dibagi menjadi kawasan Candi Gebang, dilestarikan dan dibagikan kepada RT dan RW setempat.

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (KKN-PPM UGM) Periode 2 2022 Ngemplak Unit YO-053

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis pohon gebang dan penandatanganan plakat kenang-kenangan oleh perwakilan Direktorat Kepegawaian (DPKM) UGM dan perwakilan penerima. Tempat acara kemudian dipindahkan ke area Candi Gebang untuk melakukan arak-arakan, menyiram pohon, memasang plakat, serta membaca dan menandatangani kode etik penanaman oleh perwakilan berbagai pihak, termasuk kelompok masyarakat.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB ini juga dihadiri oleh Nanung Agus Fitriyanto selaku Kasubdit Kuliah Kerja Nyata UGM, Rarastoeti Pratiwi selaku Pembimbing Lapangan Unit Ngemplak KKN-PPM UGM, perwakilan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta ( BPCB ) bagian DIY), perwakilan Desa Wisata Taman Gebang, Pimpinan RT dan RW setempat, Kelompok Sungai, Kelompok Pemuda, Kelompok Pemberdayaan Keluarga Sejahtera, Kelompok Tani, Kelompok Bina dan Panitia Lomba 17 Agustus.

Program ini disambut baik oleh desa Vedomartani. “Kami berharap kerjasama ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sekretaris Desa Wedomartani Rohmad Gunawan Hardono yang mewakili Kepala Desa Wedomartani.

Penanaman pohon di sekitar candi juga diapresiasi BPCB DIY karena bermanfaat sebagai pelestari cagar budaya Candi Gebang. Keberadaan pepohonan di sekitar candi membantu menyejukkan kawasan dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan, kepentingan sosial, kepentingan budaya, dan lain-lain. “Saya berterima kasih atas perhatian dan sinerginya. Ini sebagai bentuk kepedulian dan juga keseriusan dalam melestarikan warisan budaya kita,” pungkas Manggar Sari Ayuati mewakili BPCB DIY.

Sebelumnya, UGM menerjunkan hingga 30 mahasiswa KKN PPM tahun 2022 di Kapanewon Ngemplak untuk bekerja sama dengan masyarakat memaksimalkan berbagai potensi mulai dari desa wisata, usaha mikro, usaha kecil menengah (UMKM) hingga Pendidikan Dasar sudah cukup. Pelaksanaan KKN-PPM akan dimulai pada 15 Juni hingga 13 Agustus 2022. (RedG/Nadhira Aufa Adzani)

Source: www.g-news.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button