Bekerjasama dengan KPK RI, Kementerian PUPR RI menyelenggarakan Workshop Pengendalian Gratifikasi - WisataHits
Jawa Timur

Bekerjasama dengan KPK RI, Kementerian PUPR RI menyelenggarakan Workshop Pengendalian Gratifikasi

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan upaya pengendalian gratifikasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) melalui Inspektorat Jenderal bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) melakukan “ Workshop Pengendalian Gratifikasi” bersama Satgas Pengendalian Gratifikasi di UPT Wilayah Sumatera dan Pulau Jawa” dilaksanakan di Balai Besar Jasa Konstruksi Regional IV, Surabaya.

Kegiatan Workshop Pengendalian Gratifikasi berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 sd 16 September 2022 dan dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha serta pejabat lainnya di Balai Besar/Balai di Pulau Sumatera dan Jawa. dengan jumlah 112 orang.

Inspektur Jenderal Kementerian PUPR RI T. Iskandar mengatakan, Workshop Pengendalian Gratifikasi yang diadakan merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tentang Survei Penilaian Integritas (SPI) pada tahun 2021.

Workshop-PUPR.jpgIlustrasi kegiatan “Workshop Pengendalian Gratifikasi Satgas Pengendalian Gratifikasi UPT Pulau Sumatera dan Jawa” yang diselenggarakan di Balai Besar Jasa Konstruksi Regional IV Surabaya. (FOTO: Dinas Perhubungan PUPR RI)

“Semoga ini bisa meningkatkan indeks dan integritas kementerian PUPR. Apalagi, Indeks Integritas Kementerian PUPR tahun 2021 cukup memuaskan. Adapun nilai pengendalian gratifikasi oleh KPK yaitu 91,9 dari 100,” kata T. Iskandar dalam sambutannya.

Pencapaian ini menempatkan Departemen PUPR RI di antara 75 departemen dan instansi lainnya sebagai penerima Penghargaan Pelaksanaan Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) Terbaik.

Mutiara Rizky selaku Ketua Satgas Pengendalian Gratifikasi mengatakan, menciptakan lingkungan anti gratifikasi merupakan hal yang harus dimulai setiap individu.

Workshop-PUPR-2.jpgIlustrasi kegiatan “Workshop Pengendalian Gratifikasi Satgas Pengendalian Gratifikasi di UPT Sumatera dan Pulau Jawa” yang diselenggarakan di Balai Besar Jasa Konstruksi Regional IV Surabaya. (FOTO: Dinas Perhubungan PUPR RI)

“Untuk mengefektifkan pengendalian reward di Kementerian PUPR RI, kami berharap para peserta menjadi role model dalam menerapkan budaya anti reward yang inovatif, menginternalisasi budaya anti reward di Balai/UPT, jebakan/risiko gratifikasi dalam Balai/UPT, dan melaporkan kinerja pengendalian dan kepuasan kepada unit organisasi UPG,” jelas Mutiara.

Selain materi tentang penerapan pengendalian gratifikasi, peserta workshop juga mendapatkan materi mitigasi gratifikasi dan benturan kepentingan dari tim KPK Indonesia. Selain itu, peserta juga mendapatkan materi komunikasi efektif dalam pengelolaan kampanye/internalisasi pengendalian gratifikasi dan materi pengendalian gratifikasi dan penanganan benturan kepentingan dalam Sistem Manajemen Anti Korupsi (SMAP).

“Kami tidak pernah bosan menyampaikan pesan Menteri PUPR RI agar dalam berbagai kesempatan 4 besar tidak selalu diindahkan yaitu Tidak ada suap, tidak ada suap, tidak ada hadiah dan Tidak ada gaya hidup Luxorius. Kemajuan Kementerian PUPR RI dimulai dari orang-orang yang berintegritas,” pungkas T. Iskandar.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button