Batik dari Surabaya tampil di Karnaval Nang Tunjungan - WisataHits
Jawa Timur

Batik dari Surabaya tampil di Karnaval Nang Tunjungan

Pengrajin batik Surabaya memamerkan karyanya di Karnaval Nang Tunjungan di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya yang digelar Pemkot Surabaya mulai pukul 15.00 WIB hingga malam ini.

Ada sekitar 7 rumah tie-dye yang membuat tie-dye bertema suroboyoan yang hadir di acara ini. Banyak orang yang baru tahu ada motif tie-dye dari Jembatan Suramadu, Tugu Pahlawan hingga ikon kota Surabaya, Suro dan Boyo.

Salah satu perajin batik Suramadu, Eko Madan Syah, turut bergembira dalam acara ini pascapandemi Covid-19. Menurutnya, acara seperti ini memberikan kesempatan yang lebih luas untuk menampilkan motif batik Surabaya yang masih jarang diketahui masyarakat luas.

“Banyak yang kaget, banyak yang bilang ‘Oh iya, ada motif tie-dye Jembatan Suramadu’ dan lain-lain,” kata Eko menirukan pertanyaan beberapa pengunjung.

Batik Sibori dari Surabaya.  (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id) Batik Sibori dari Surabaya. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Sejauh ini, galeri tie-dye miliknya yang berdiri sejak 2006 di kawasan Kenjeran Surabaya ini memproduksi tie-dye gambar tangan, cap tulis, dan tie-dye stempel gabungan.

Selain motif Surabaya, ia juga mengembangkan motif batik dari seberang pulau Madura. Selain Eko, perajin batik Sibori dari Surabaya, Riyati juga berpikiran sama. “Sejauh ini saya telah membuat 135 desain tie-dye sejak saya bergabung dengan UKM Surabaya. Beberapa motif juga dibuat di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Menurutnya, acara ini akan membantu UMKM agar lebih cepat pulih pascapandemi Covid-19. “Selama ini pemasaran lebih fokus di media sosial, dengan cara ini bisa lebih luas untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Batik Sibori buatan Surabaya,” tambahnya.

Ribuan warga Surabaya memadati Jalan Tunjungan Surabaya, demikian pantauan Ngopibareng.id. “Acaranya cukup menarik karena diisi oleh UMKM sehingga bisa menarik wisatawan dan mengembangkan dapur UMKM,” ujar Vivi Widiana, salah satu pengunjung.

Selain pameran batik, juga ada acara musik dengan bintang tamu dari artis ibu kota, permainan tradisional, peragaan busana, wisata kuliner, lomba foto, UMKM dan banyak acara menarik lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button