Baru diresmikan, berikut adalah seperangkat fasilitas taman wisata sejarah Salatiga - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Baru diresmikan, berikut adalah seperangkat fasilitas taman wisata sejarah Salatiga – Solopos.com

Baru diresmikan, berikut adalah seperangkat fasilitas taman wisata sejarah Salatiga – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tiga pahlawan nasional asal Salatiga berdiri kokoh di Taman Wisata Sejarah (TWSS) Salatiga yang baru saja diresmikan pada Sabtu (14/1/2023). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA – Destinasi wisata baru hadir di awal tahun 2023 di kota Salatiga, Jawa Tengah (Jawa Tengah). Destinasi ini tak lain adalah Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) atau dikenal juga dengan nama Taman Wisesa.

Taman Wisesa yang dibangun menelan biaya Rp 4,8 miliar itu diresmikan pada Sabtu (14/01/2023). Berikut berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh Taman Wisata Sejarah Salatiga.

Jangan lewatkan promo menariknya, Mercedes-Benz punya promo akhir tahun yang menarik

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga, Valentino, mengatakan pembangunan TWSS menggunakan anggaran tahun 2022, yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Beriklan dengan kami

“Swadaya kota juga berperan dalam pembangunan. Pembuatan 5 bulan lebih cepat dari kontrak 6 bulan,” kata Valentino, Sabtu (14/1/2023).

Ia mengakui, pembangunan Taman Wisata Sejarah Salatiga semakin mengukuhkan status Kota Salatiga sebagai kota tertua dan bersejarah di Indonesia. Selain itu, taman ini juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan khususnya yang berasal dari Kota Salatiga yaitu Brigjen Soedarto, Marsekal Muda Agustinus Adisutjipto dan Laksamana Muda TNI Yosaphat Soedarso.

Valentino juga berharap dengan berdirinya TWSS di Salatiga, khususnya di kawasan Nogosari, Desa Bugel, akan menciptakan kawasan ekonomi baru. “Untuk memecah keramaian dengan pertumbuhan ekonomi bagi warga sekitar,” harapnya.

Valentino mengatakan fasilitas TWSS cukup lengkap, antara lain pusat informasi pariwisata, masjid, toilet, wisata kuliner, dan spot potret diri. “Sebagai syarat diakui Kemenparekraf, membangun industri kreatif sebagai tempat promosi dan penjualan juga harus melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Beriklan dengan kami

Peresmian TWSS juga dimeriahkan dengan rangkaian pentas seni dan konser. Festival kuliner dengan jajanan khas Salatiga juga digelar di sana.

Pelaksana Tugas (Pj) Walikota Salatiga Sineong N. Rachmadi berharap taman wisata tersebut segera beroperasi kembali dan memberikan manfaat bagi warga. “Partisipasi masyarakat sekitar di Nogosari, khususnya masyarakat di Bugel dan sekitarnya. Itu harus ada penyesuaian atau peran yang bisa kita akses sebagai peluang dibanding yang lain,” kata Sinoeng.

pemantauan Solopos.com di Taman Wisata Sejarah Salatiga juga terdapat tiga patung pahlawan nasional dari Salatiga. Selain itu, ada juga miniatur pesawat tempur, kapal perang, dan tank. Di tempat ini juga terdapat ruang pameran yang menampilkan perkembangan sejarah di kota Salatiga. Selain itu, didirikan pula sentra UMKM di lokasi ini untuk menyediakan tempat makan bagi pengunjung yang ingin makan setelah berkeliling taman seluas 3,5 hektar ini.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button