Baru! Agrowisata Danau Kusuma di Karanganyar Dibuat ala HeHa Jogja - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Baru! Agrowisata Danau Kusuma di Karanganyar Dibuat ala HeHa Jogja – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pengembangan Kawasan Agrowisata dan Water Park di Telaga Kusuma di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Destinasi wisata baru akan muncul di Kabupaten Karanganyar berupa agrowisata dan Telaga Kusum Water Park.

Objek wisata ini dibangun oleh Dewan Desa Tuggulrejo (Pemdes), Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Pembangunan objek wisata ini menelan biaya hingga Rp 5 miliar.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Di masa depan, tempat ini akan menjadi tujuan wisata populer baru di Bumi Inwithoutri. Menariknya, tempat wisata seperti HeHa ini dibangun di Gunungkidul, Yogyakarta. Bedanya, tempat wisata di Danau Kusuma Karanganyar ini menawarkan pesona keindahan Gunung Lawu.

Kepala Desa Tunggulrejo Parno Karyo Sumarto menargetkan pembangunan Agrowisata dan Taman Air Danau Kusuma yang diharapkan selesai dalam dua bulan ke depan.

“Agrowisata dan waterpark akan kami peresmikan tepat pada 18 November, HUT Karanganyar,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Tunggulrejo, Sabtu (27/822).

Baca juga: Agrowisata dan water park ala HeHa Jogya Akan Hadir di Tunggulrejo Karanganyar

perabot

Ia mengatakan, Telaga Kusuma Agritourism and Water Park dibangun di atas lahan perbendaharaan desa seluas 1,4 hektare (ha). Di agrowisata ini, pengunjung disuguhi taman yang indah dengan aneka bunga.

Lalu ada kafe dan restoran, serta paviliun di berbagai tempat. Selain itu, telah dibangun enam kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, lengkap dengan perosotan.

Tempat wisata Tunggurejo KaranganyarPekerja menyelesaikan agrowisata dan taman air di Tunggurejo, Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Sebuah tempat khusus akan dibangun di antara kolam-kolam ini snorkeling. Pengunjung bisa menyelam dengan pemandangan ikan yang indah.

“Nanti pengunjung bisa selfie di air dengan ikan hias,” katanya.

Selain taman dan kolam renang, pemerintah desa juga membangun gedung serba guna di lokasi ini. Kemudian bioskop untuk dilihat pengunjung.

Baca Juga: Anggap Merapi, Wisata Alam Gobumi Boyolali Bagaikan Negeri Di Atas Awan

Pengembangan agrowisata dan taman air akan lebih dipercepat. Harapannya, agrowisata dan waterpark ini bisa diresmikan oleh Bupati Juliyatmono tepat di hari ulang tahun Karanganyar.

Untuk masuk ke destinasi wisata ini, pengunjung hanya dikenakan tiket seharga Rp 10.000 per orang dari Senin hingga Jumat. Sedangkan pengunjung pada akhir pekan atau hari libur akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

“Tiket masuk sudah termasuk wahana waterpark. Jadi konsepnya adalah elite tourism untuk kaum marginal. Cukup murah dan akan membuat Anda ingin datang ke sini. Bukan musiman,” ujarnya.

Danau Kusuma KaranganyarPengembangan kawasan agrowisata dan taman air di Telaga Kusuma di Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardhani)

Dia mengatakan, pengembangan agrowisata dan taman air seharusnya tidak hanya meningkatkan pendapatan asli desa (PADes), tetapi juga merevitalisasi ekonomi lokal.

Baca Juga: Minum Obat Herbal Tapi Tidak Pahit? Ayo kunjungi Kafe Obat Herbal di Nguter Sukoharjo

Tak hanya itu, pembangunan tersebut diharapkan mampu membubarkan wisatawan yang memadati tempat wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso.

Stigma kawasan 4J yang meliputi Jumapolo, Jumantono, Jatiyoso dan Jatipuro yang dikenal sebagai pinggiran Karanganyar akan terkikis dengan dibukanya objek wisata tersebut.

“Belum buka, banyak yang datang setiap sore. Mereka mengambil foto di taman,” katanya.

Warga Matesih Dawam M berharap objek wisata di Tunggulrejo segera diresmikan dan dibuka. Wisata ini akan menjadi referensi baru bagi pengunjung di Karanganyar.

“Saya sangat senang pariwisata bisa dibuka di Tunggulrejo. Sangat dekat dengan Matesih. Belum dibuka, saya sudah bolak-balik ke sini,” katanya.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button