Bantul Dukung Rencana Rehabilitasi Pantai Depok - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bantul Dukung Rencana Rehabilitasi Pantai Depok – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung rencana Pemprov DIY menjadikan kawasan Pantai Depok sebagai kawasan wisata yang representatif karena akan membawa perubahan baik bagi kabupaten tersebut.

“Ini angin segar bagi Bantul karena Ngarso Dalem (Gubernur DIY) berkeinginan untuk menata Pantai Depok yang namanya penataan di kawasan yang mencakup multi sektoral,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Rabu.

Menurut dia, ada empat kegiatan ekonomi masyarakat di kawasan Pantai Depok, pertama nelayan menggunakan perahu untuk menangkap ikan di laut dan kegiatan perdagangan karena ada jual beli ikan segar langsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok.

Kemudian ada kegiatan berupa industri pengolahan ikan yang dilakukan oleh Koperasi KUB Mina Bahari Pantai Depok, kemudian ada jasa usaha pariwisata berupa kuliner dan jasa usaha pariwisata lainnya.

“Ini program daerah, bukan OPD (organisasi perangkat daerah), baik DIY maupun Kabupaten Bantul karena Ngarso Dalem Cantik dawuh (Pesanan) seperti ini, kita berpacu dengan waktu bagaimana membuat perencanaan yang terintegrasi antara keempat sektor ini,” ujarnya.

Ia mengatakan mewujudkan desain kawasan wisata Pantai Depok bukanlah hal yang sepele dan mudah karena membutuhkan koordinasi lintas sektor di Bantul dan DIY termasuk para pelaku usaha atau masyarakat pesisir.

“Oleh karena itu kita harus lari ‘cepat’, bagaimana kita bisa membuat rencana sampai DED (detail konstruksi) untuk memastikan keempat sektor ini memiliki ruang untuk berproduksi secara optimal,” ujarnya.

Rencana penataan kembali Pantai Depok pasca gelombang tinggi pada Sabtu (16/7/2022) yang menyebabkan abrasi dan menerbangkan beberapa bangunan tidak permanen di bibir pantai, dikunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa (19/7/2022). ./2022). ).

“Saya mohon Bapak dan Ibu, jika sudah ada kesepakatan untuk menata kembali Depok sebagai daerah yang berpotensi untuk ditata ulang, akan kita atur kembali dengan fasilitas yang saya harap lebih baik lagi” kata Sultan saat berdialog dengan para pelaku usaha di Pantai Depok, Bantul, Selasa. .

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button