Banjir dan longsor melanda Objek Wisata Pantai Gemah rusak parah : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Timur

Banjir dan longsor melanda Objek Wisata Pantai Gemah rusak parah : Okezone Travel

PANTAI Gemah, objek wisata unggulan di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, rusak parah akibat banjir dan longsor pada Minggu malam 9 Oktober 2022.

Meski tidak ada korban jiwa, kerusakan infrastruktur dan bangunan di kawasan pesisir yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan itu cukup parah.

Mulai dari laporan DIBAWAHPada Senin (10/10/2022) akses South Link (JLS) dekat Pantai Gemah ditutup akibat longsor.

Puluhan bangunan, sebagian besar warung makan, ambruk, jalan di kawasan wisata ambruk, dan sebagian besar dataran pantai tergerus banjir yang dalam dan luas.

Tidak sedikit kendaraan pengunjung dan warga yang rusak, hilang atau tertimbun longsor.

Akibatnya, aktivitas ekonomi terhenti total. Banyak wisatawan yang membatalkan niatnya untuk menikmati keindahan Pantai Gemah.

Pengecer dan pelaku pariwisata hanya bisa meratapi keadaan. Beberapa dari mereka berusaha menyelamatkan harta benda dan barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

Namun, sebagian besar dari mereka kehilangan barang-barang yang disimpan di warung akibat longsor yang berasal dari perbukitan.

BACA JUGA:4 Pantai Yang Pernah Misterius, Hindari Memakai Warna Hijau Saat Berkunjung!

“Saat saya mendapat kabar bahwa toko itu mogok, saya tidak bisa pergi ke lokasi. Karena saat itu hujan deras dan akses jalan menuju Pantai Gemah terhalang longsor. Jadi paginya saya bisa ke lokasi untuk berbelanja,” kata Nety Oktaviani, salah satu pedagang di kawasan wisata Pantai Gemah.

Banjir dan longsor diduga terjadi karena kondisi perbukitan di atas objek wisata Pantai Gemah yang gundul atau tidak memiliki tegakan pohon yang keras.

“Air jatuh dari lereng gundul gunung ini, disertai bebatuan bercampur lumpur,” kata Nety.

Kerugian akibat banjir ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Bambang Ernawan mengumumkan proses revitalisasi pasca banjir akan segera dilakukan.

Sejauh ini, lanjut Bambang, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait agar pembersihan di Pantai Gemah bisa segera diselesaikan.

“Kami belum bisa memastikan proses revitalisasi, tapi yang jelas ini bisa segera dilakukan. Tapi untuk pemurnian skala kecil dimulai hari ini,” katanya.

ilustrasi

Wisata Pantai Gemah untuk sementara ditutup.

Namun, ketika kondisinya sudah pulih, akan dibuka secepatnya.

Pihaknya memperkirakan kerugian materil lebih dari Rp 1 miliar. “Akses poin di Pantai Gemah banyak yang rusak, seperti jembatan, talud, warung dan fasilitas wisata air di Pantai Gemah,” katanya.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button