Banjir bandang melanda China, empat orang meninggal - WisataHits
Jawa Barat

Banjir bandang melanda China, empat orang meninggal

Bogordaily.net– China dilanda banjir bandang dan dilaporkan empat orang meninggal pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Seperti dilansir CNN Indonesia, pihak berwenang China melaporkan bahwa empat orang tewas setelah banjir melanda kawasan pegunungan Datong di provinsi Qinghai.

Otoritas Manajemen Darurat Qinghai mengatakan tim pencarian dan penyelamatan telah dikirim untuk menemukan puluhan warga lainnya yang hilang.

Seperti dilansir AFP, banjir ini terjadi saat beberapa wilayah lain di China mengalami cuaca ekstrem. Beberapa daerah di Cina barat daya bahkan telah mencapai rekor suhu terpanas.

Jutaan penduduk di wilayah tersebut terpaksa menghabiskan berhari-hari tanpa listrik. Cuaca panas yang memicu pemadaman listrik juga membuat pabrik tidak bisa beroperasi.

Banjir parah melanda China barat daya akhir pekan lalu, menewaskan empat orang dan melukai sembilan orang.

Perubahan cuaca ekstrem di China ini sudah terjadi sejak Juni lalu. Saat itu, China bagian selatan dilanda banjir yang memaksa lebih dari setengah juta orang mengungsi.

Sementara itu, banjir bandang melanda kota wisata Pengzhou di provinsi Sichuan, China beberapa waktu lalu pada Sabtu 13 Agustus 2022, menewaskan tujuh orang. Tiga lainnya terluka dalam banjir yang dipicu oleh hujan deras yang terus berlanjut.

Tim penyelamat telah dikirim ke tempat kejadian, evakuasi korban dan pemulihan bencana sedang berlangsung, kata pemerintah kota Pengzhou dalam sebuah pernyataan.

Media lokal melaporkan bahwa tidak ada peringatan sebelum banjir bandang melanda pada pukul 19.30 waktu setempat.

Kota berpenduduk sekitar 800.000 jiwa ini merupakan kota wisata di barat daya China. Di musim panas seperti sekarang, kota ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama yang suka berpetualang dan berkemah di Lembah Longcao di kawasan perbukitan Longmen. Pengzhou terkena dampak paling parah ketika gempa bumi melanda Sichuan pada tahun 2008, menewaskan 200.000 orang.***

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button