Bangunan cagar budaya di kota tua Semarang runtuh setelah diguyur hujan - WisataHits
Jawa Tengah

Bangunan cagar budaya di kota tua Semarang runtuh setelah diguyur hujan

TEMPO.CO, semarangbangunan cagar budaya Peninggalan zaman kolonial Belanda di kota tua Semarang ambruk setelah diguyur hujan deras pada Senin sore, 26 Desember 2022. Hampir separuh tembok bangunan runtuh saat Jalan Merpati ditutup. Rangka dan atapnya jatuh di bagian dalam.

Bangunan yang bertahan menunjukkan kondisi bangunan yang sebelumnya terbengkalai. Kulit di dinding telah terkelupas untuk memperlihatkan tumpukan batu bata. Sedangkan pohon-pohon liar tumbuh di dinding luar dan dalam gedung yang dulunya digunakan oleh Japan Commerce Bureau. Beberapa tersebar bersama dengan dinding yang runtuh.

Kepala Badan Pengelola Kawasan Kota Lama Semarang atau BPK2L, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengungkapkan sejarah memilukan gedung milik pribadi ini. “Itu roboh dua kali. Kami sudah menyurati pemilik sebelumnya,” ujarnya, Selasa, 27 Desember 2022.

Untuk mencegah kejadian serupa di gedung lain di Kota Tua Semarang, kata Hevearita, BPK2L rutin melakukan pemantauan terhadap gedung-gedung di kawasan tersebut. “Kami selalu mengecek bangunan budaya-sejarah di kota tua,” ujarnya.

Perempuan yang kini juga menjabat sebagai Plt Wali Kota Semarang itu mengatakan, setiap kali ditemukan potensi kerusakan pada bangunan yang terdaftar, ia langsung menginformasikan kepada pemiliknya. “Saya memberikan surat pemberitahuan kepada pemilik gedung,” katanya.

Baca juga: 7 gedung dan museum milik UGM Yogyakarta ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya

Selalu Memperbarui info terbaru. Mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik gabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button