Bangun Desa Wisata Steve Ewon - WisataHits
Jawa Barat

Bangun Desa Wisata Steve Ewon

HSANAH.ID – CISARUA. Berada di kaki Gunung Burangrang, di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, memiliki segudang potensi dan tempat wisata yang patut diacungi jempol.

Karena potensi wisata yang ada, maka wajar jika Desa Kertawangi menyandang predikat “Desa Wisata”.

Dilaporkan bahwa Desa Kertawangi telah menyiapkan 19 program wisata yang dikemas dalam produk Petani Besar, yaitu program pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar adalah petani dan peternak.

Poster Petani Besar (Dibuat)

Steve Ewon, penggiat lingkungan, pecinta satwa dan YouTuber yang saat ini menjabat sebagai Direktur Desa Kertawangi, merupakan penggagas atau penulis Big Farmer, update program Desa Wisata Kertawangi.

“Petani Besar merupakan etalase Desa Wisata Kertawangi yang kami rintis melalui proses kajian unit-unit potensial yang ada di Desa Kertawangi. Alhamdulillah terlaksananya desa wisata yang kami kemas sebagai Big Farmer,” kata Yanto Bin Surya, nama lengkap Kepala Desa Kertawangi atau sering disapa Kang Ewon, saat diwawancarai Kamis, 20 Oktober 2022.

Menurut Kang Ewon, konsep Big Farmer dikembangkan untuk memberdayakan masyarakat agar berperan sebagai pelaku langsung untuk meningkatkan kemauan dan kesadaran desa untuk mendekati potensi wisata atau daya tarik wisata di daerahnya masing-masing menjadi satu kesatuan reaksi yang utuh.

“Konsep Big Farmer selain ketersediaan wisata alam adalah untuk mengoptimalkan penguatan masyarakat desa Kertawangi, yang tercantum dalam program kami sebagai referensi kunjungan wisatawan, ada peternakan kelinci, peternakan sapi, domba, perkebunan anggur. , bunga, jeruk, stroberi dan berbagai buah-buahan tersedia untuk wisatawan. Dikelola oleh masyarakat desa, kami tawarkan kepada wisatawan dalam satu paket produk wisata yaitu berupa produk edukasi dan pertanian yang memiliki nilai tambah,” imbuhnya.

Kang Ewon menambahkan, keunggulan wisata alam di Desa Kertawangi sudah bukan rahasia lagi, seperti Air Terjun Pelangi, Air Terjun Layung, Air Terjun Bugbrug, Agrowisata Situreret, Kebun Mawar, River Tubbing Cicakung, Bukit Alami yang memiliki spot-spot estetika.

“Desa Kertawangi ini memiliki banyak tempat wisata alam yang unik, banyak air terjun atau air terjun yang indah. Yan menawarkan banyak kegiatan seperti reuni keluarga, berkemah, jogging trail, bersepeda, fotografi pernikahan atau kegiatan outbond lainnya, yang merupakan unit yang kami sediakan. di Big Farmer kata kepala desa peraih Desa Inovatif tingkat Kabupaten Bandung Barat ini.

Dari sisi sarana dan prasarana penunjang pariwisata, pihaknya telah menyiapkan rest area Pesona Burangrang yang dapat menampung berbagai jenis kendaraan, penyediaan toko kelontong untuk produk UMKM dan masyarakat kampung kuliner. Tak kalah pentingnya, TIC (Tourist Information Center) juga tersedia di depan kantor desa Kertawangi.

Hal penting lainnya, menurut Kang Ewon, adalah ketersediaan akomodasi, termasuk rumah warga di dekat tempat wisata dengan harga terjangkau.

“Fasilitas pendukung lainnya sudah kami siapkan, seperti B. Akomodasi, yang meliputi rumah-rumah manusia dengan standar yang telah ditetapkan, serta pelaku usaha lainnya seperti kafe dan restoran,” ujarnya.

Ia berharap keberadaan Petani Besar benar-benar memperkuat peran dan posisi masyarakat sebagai pemain kunci di sektor pariwisata dan melalui penerapan Sapta Pesona dapat menciptakan sinergi dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah desa.

“Petani besar sebagai wadah langsung bagi masyarakat, harapannya tentu saja terletak pada peningkatan kesejahteraan dan mewujudkan desa wisata yang berkelanjutan,” pungkasnya. (Uwo)***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button