Bandara Ngurah Rai Bali sebentar lagi akan full capacity - WisataHits
Yogyakarta

Bandara Ngurah Rai Bali sebentar lagi akan full capacity

Bandara Ngurah Rai Bali sebentar lagi akan full capacity

Harianjogja.com, JAKARTA– PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I bersiap meningkatkan kapasitas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali seiring pulihnya perjalanan domestik dan internasional.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan saat ini perseroan fokus meningkatkan kapasitas pelayanan penumpang di Bandara Bali. Berdasarkan data AP I, Bandara Ngurah Rai mampu melayani hingga 24 juta penumpang. Namun, hingga Desember 2022, jumlah penumpang sudah mencapai 12 juta.

Pada 2023, dia memperkirakan jumlah penumpang akan meningkat menjadi 20 juta penumpang. Artinya, bandara berkode DPS itu akan mencapai kapasitas penumpang maksimal pada 2024.

Perusahaan harus dapat memastikan bahwa bandara dapat secara berkelanjutan menangani pergerakan penumpang domestik dan internasional yang semakin penting.

“Makanya dari sekarang kami mengantisipasi peningkatan kapasitas di Bandara Bali. Kami sudah mempersiapkannya dari sekarang,” ujarnya, Rabu (18/7/2022).

Sementara itu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bandara yang dikelola oleh AP I dengan jumlah pergerakan penumpang dan penerbangan terbanyak pada tahun 2022. Lebih dari 12,519 juta pergerakan penumpang dan 87.558 pergerakan penerbangan dilayani dari Januari hingga Desember 2022.

Pergerakan penumpang di bandara Bali meningkat 231 persen dibandingkan tahun 2021 dari lebih dari 3,7 juta pergerakan. Sedangkan pergerakan pesawat tumbuh 141 persen dibanding tahun 2021 sebanyak 36.299 pergerakan.

Jumlah pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali masing-masing memberikan kontribusi 24 persen terhadap total lebih dari 52,294 juta pergerakan penumpang pada tahun 2022 dan 16 persen terhadap total 552.778 pergerakan pesawat Angkasa Pura I tahun lalu.

Tingginya volume pergerakan penumpang dan pesawat yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mencerminkan meningkatnya kepercayaan dan minat masyarakat untuk kembali berwisata. Ini juga menjadi pertanda bahwa Bali masih diminati sebagai destinasi wisata unggulan masyarakat Indonesia dan dunia.

Dibandingkan dengan lada 2021, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 3,7 juta penumpang hanya menempati urutan ketiga di antara bandara Angkasa Pura I dengan pergerakan penumpang tertinggi. Angka ini jauh di bawah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 6,7 juta penumpang dan Bandara Juanda Surabaya dengan 5,9 juta penumpang.

Faik Fahmi menilai penanganan pandemi Covid-19 yang lebih baik secara nasional dan global, serta aturan perjalanan udara domestik dan internasional yang lebih sederhana, menjadi faktor utama peningkatan jumlah pergerakan penumpang dan penerbangan di Ngurah Rai. Bandara.

Jumlah penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada tahun 2022 terbagi menjadi lebih dari 7,855 juta pergerakan penumpang pada rute domestik, lebih dari 4,5 juta pergerakan penumpang pada rute internasional dan 120.587 pergerakan penumpang pada rute transit domestik. Pergerakan penerbangan terdiri dari 61.544 pergerakan penumpang pada rute domestik dan 26.014 pergerakan penumpang pada rute internasional.

Jumlah pergerakan penumpang dan pesawat pada rute internasional mengalami peningkatan yang luar biasa, dari 5.619 pergerakan pada tahun 2021 menjadi lebih dari 4,543 juta pergerakan pada tahun 2022 dan untuk pesawat terbang dari 1.355 pergerakan menjadi 26.014 pergerakan pada tahun 2022.

“Kami sangat bersyukur penerbangan berangsur pulih saat ini, sehingga hal ini tercermin langsung di bandara-bandara Angkasa Pura I yang sebagian besar merupakan bandara tujuan wisata,” tegasnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button