Bamsoet berharap RI bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Reli Dunia - WisataHits
Jawa Timur

Bamsoet berharap RI bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Reli Dunia

jakarta

Bambang Soesatyo, Ketua MPR dan Ketua Umum Ikatan Sepeda Motor Indonesia (IMI), menerima Wakil Gubernur Sumut dan Wali Amanat IMI Sumut Musa Rajekshah di Jakarta hari ini. Pertemuan membahas hasil Kejuaraan Nasional Rally Danau Toba 2022 serta Kejuaraan Internasional Kejuaraan Reli Asia Pasifik 2022 yang diselenggarakan pada 23-25 ​​September 2022 di Hutan Industri TPL Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

Sebelumnya, Sumut juga sukses menggelar Kejuaraan Reli Nasional Putaran 1 di venue yang sama pada 5-7 Agustus 2022.

Pramugara Federation Internationale de I’Automobile (FIA) mengumumkan keberhasilan Rifat Sungkar dari Mitsubishi Xpander Rally Team dan co-driver Benjamin Searcy, Juara APRC Danau Toba dengan waktu keseluruhan dari SS1 hingga SS12 pada 02:02:24, menjadi 1 Dari sisi ekonomi multiplier effect, jumlah uang yang beredar selama acara diperkirakan mencapai Rp 10 miliar.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Keberhasilan berbagai event nasional dan internasional ini semakin memperkuat posisi Sumut dan Indonesia pada umumnya untuk dapat menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC). Kami berharap bisa digelar pada 2023 atau setidaknya 2024 atau 2025. Posisi Indonesia sebagai salah satu pusat kejuaraan reli Asia dan dunia,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (29/10/2022).

Berdasarkan evaluasi dari berbagai kejuaraan internasional tersebut, IMI akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai agar masa berlaku ATA carnet yang semula berlaku selama satu tahun dan tidak dapat diperpanjang dapat diubah menjadi satu tahun dan dapat diperpanjang satu tahun lagi atau paling lambat 6 bulan. Carnet ATA berfungsi sebagai dokumen masuk dan keluar sementara barang untuk keperluan pameran, peralatan profesional, pendidikan, kebutuhan wisata pribadi, kebutuhan olahraga pribadi dan untuk tujuan kemanusiaan.

“Karena kemungkinan perpanjangan masa berlaku Carnet ATA hingga 1 tahun atau minimal 6 bulan, para pembalap tidak perlu lagi khawatir dengan kendaraan balapnya yang seringkali harus didatangkan dari luar negeri. Begitu juga dengan atlet Indonesia yang ingin berlaga di kejuaraan balap di luar negeri untuk mengharumkan nama juga tidak perlu mengirimkan kendaraannya ke luar negeri,” ujarnya.

Ia mengatakan, penyederhanaan penerbitan dan perpanjangan masa berlaku ATA Carnet dapat membawa manfaat besar bagi pengembangan berbagai potensi wisata olahraga di Indonesia. Wisatawan asing yang puas dengan aktivitas wisatanya, seperti komunitas Harley-Davidson, Ferrari dan pecinta otomotif lainnya, dapat menaiki kendaraannya untuk menikmati panorama keindahan alam Indonesia.

“Banyak sekali destinasi yang cocok untuk touring traveller internasional. Diantaranya Danau Toba di Sumatera Utara, Mandalika di NTB, Tanjung Lesung di Banten, Borobudur di Jawa Tengah, dan Bromo di Jawa Timur. memberikan kontribusi bagi negara dan mendongkrak sektor pariwisata dan industri kreatif di daerah,” pungkasnya.

(fhs/ega)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button