Balle Khitanan Paseban Garut: Kami bekerja sama dengan Yayasan Bumi Parahiyangan yang melakukan khitanan massal gratis - WisataHits
Jawa Barat

Balle Khitanan Paseban Garut: Kami bekerja sama dengan Yayasan Bumi Parahiyangan yang melakukan khitanan massal gratis

Garut, Beritanasional.ID – Kepedulian dan semangat sosial yang selalu tertanam di Balle Khitan Paseban Garut, Jawa – Barat sepertinya tidak pernah padam. Namun kali ini Balle Khitan Paseban bergotong royong membantu Yayasan Bumi Pusaka Parahiyangan Garut yang untuk kesekian kalinya menggelar acara khitanan massal gratis bertempat di Taman Wisata Budaya Pendidikan Desa Bareto, Desa Tambakbaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Jawa barat. Rabu (27/7).

Sementara itu, sebelum khitanan massal ini mulai dilakukan, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Dodombaan Garut, dimana hak tersebut bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional daerah khususnya budaya Sunda.

Kemudian, usai acara khitanan tersebut, Ketua Yayasan Bumi Pusaka Parahiyangan Garut, Cepi Kusuma, sekaligus pemilik Taman Wisata Budaya Edukasi Desa Bareto mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Bale Khitan Paseban Garut dalam kegiatan khitanan massal ini.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan khitanan massal ini sebanyak empat kali. Namun, hanya 20 anak dari kuota 100 anak yang mencukupi.

“Sebelumnya ya selama kurang lebih 7 bulan kami juga melakukan khitanan massal dan bekerja sama dengan Bale Khitan Paseban dan dengan jumlah anak 117 orang. Alhamdulillah khitanan anak Kadeudeuh Garut Soleh dilakukan dengan hasil yang sangat memuaskan, selamat dan sukses selalu, khususnya untuk Balle Khitan Paseban Garut,” ujar Cepi.

Menurutnya judul khitanan massal ini. Diikuti oleh 130 peserta dan seterusnya. Kegiatan khitanan massal ini terus berlanjut atau berlanjut karena merupakan kegiatan rutin yang biasanya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

“Insya Allah karena ini agenda rutin setiap 6 bulan sekali, mudah-mudahan ke depan kita bisa mencapai target hingga 100 atau 200 anak,” jelasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Desa Balewangi (Kades) bernama Dodi Romansyah hadir dan menyaksikan langsung kegiatan tersebut karena beberapa anak warga mengikuti khitanan massal. Di sisi lain, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini karena sangat membantu kebutuhan masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Cisurupan.

“Pada dasarnya kami sangat berterima kasih kepada pengelola Desa Bareto dan Balle Khitan Paseban Garut atas segala kebaikan dan kerjasamanya. Semoga event-event yang akan datang selalu sukses,” ujarnya.

Sementara itu, Dede, 43 tahun, warga setempat yang juga merupakan orang tua dari salah satu anak yang hadir dalam acara khitanan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara khitanan massal di Desa Bareto.

“Sukses selalu bersama Balle Khitan Paseban Garut dan jangan lupa semua yang ada di Desa Bareto, semoga bisa lancar untuk acara selanjutnya, semoga anak-anak cepat sehat dan sejahtera selamanya,” pungkas Dede, (Diky).

Source: beritanasional.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button