Bagus sekali! Yogyakarta Siapkan Paket Wisata Terpadu Menyambut Liburan Nataru: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Bagus sekali! Yogyakarta Siapkan Paket Wisata Terpadu Menyambut Liburan Nataru: Okezone Travel

DIGABUNGKAN Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan paket wisata terpadu untuk lima kabupaten/kota di provinsi tersebut guna menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023.

“Dengan adanya paket ini diharapkan wisatawan tidak hanya terkonsentrasi di pusat Kota Yogyakarta seperti Malioboro, tetapi dapat tersebar di empat kabupaten dan satu kota,” kata Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardiyanto seperti dikutip dari Antara. Di antara.

Bobby yakin para pemangku kepentingan pariwisata di lima kabupaten/kota yang bekerja sama dapat meningkatkan lama tinggal (durasi tinggal) wisatawan di DIY yang masih rendah.

Infografis Wisata Favorit Yogyakarta

Menurutnya, selama ini lama tinggal wisatawan di rumah do-it-yourself belum bisa mencapai dua hari atau rata-rata 1,5-1,7 hari.

“Melalui wisata ‘tailor-made’ di empat kabupaten/satu kota, wisatawan bisa menginap minimal tiga hari dua malam atau empat hari tiga malam, untungnya bisa lima hari empat malam,” katanya.

Ia mengatakan, lama tinggal menjadi konsentrasi para pemangku kepentingan pariwisata karena akan mempengaruhi tingkat pengeluaran wisatawan di Yogyakarta.

“Sekarang kita tidak memikirkan berapa banyak kunjungan, tapi berapa banyak uang (belanja) yang dihabiskan wisatawan di Yogyakarta,” kata Bobby.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Menurut Bobby, Pemkab Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, Sleman, dan Kota Yogyakarta perlu meningkatkan sarana atau prasarana pendukung agar wisatawan mau tinggal lebih lama di daerahnya.

Beberapa kabupaten, kata dia, sudah mulai memperkuat amenitas atau fasilitas penunjang seperti desa wisata, keluarga tamuke hotel dan asosiasi juga membantu meningkatkan kualitas layanan.

Hits infografis pariwisata di Yogyakarta

“Sekarang bukan waktunya untuk melakukannya sendiri. Lama tinggal wisatawan kita masih pendek, sehingga perlu kerja sama empat pemerintah dan satu kota,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button