Askrindo jamin KUR perajin keris di Yogyakarta | Askrindo - WisataHits
Yogyakarta

Askrindo jamin KUR perajin keris di Yogyakarta | Askrindo

Askrindo menjamin KUR untuk perajin keris di Yogyakarta

Para perajin keris di desa Banyusumurup mendapat jaminan KUR dari Askrindo

Pengrajin keris di desa Banyusumurup telah terlibat dalam pembuatan keris selama tiga abad. Selama ini Keris dari Desa Ini Sudah Terpercaya dan Terkenal di Luar Negeri BACA JUGA: Ajak Erick Thohir, Milenial Askrindo Ikut Program Relawan BUMN BACA JUGA: Mitra Binaan Askrindo Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan BACA JUGA: Rayakan HUT RI, Askrindo Ajak Warga Green Shell Village Memperingati Jasa Pahlawan Baca juga

Salah satunya adalah Marjono, pria asal Desa Banyusumurup yang telah menjadi pengrajin keris sejak tahun 1994. Keahlian dan keahliannya dalam membuat keris didapat dari nenek moyang dan orang tuanya, ia juga belajar membuat keris buatan sendiri dan pengrajin keris lainnya dari tetangganya.

Lanjut membaca:
SAMPUL6 »

Keraton Kanoman Gelar Ritual Jimat Panjang, Tradisi Anggur Pusaka – ANTARA News

ANTARA – Puncak perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Keraton Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu malam (10/08) ritual Jimat Panjang berlangsung… Selengkapnya >>

Desa Uma Uta masuk dalam daftar 50 Desa Wisata dan memelihara kain tenun ikat warisan nenek moyangMemiliki daya tarik wisata dengan menjunjung tinggi tradisi budaya dan tenun ikat dengan bahan alami, Desa Uma Uta masuk ke Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka, NTT

Desa Kadokan Sukoharjo, desa sepi yang terkena pelurusan Sungai Bengawan di tahun 80-anCeritanya tentang Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, yang terisolir karena terkena pelurusan Kali Solo tahun 1980-an.

Banjir dan longsor melanda 6 desa di TrenggalekPusdalops BNPB mencatat enam desa yang terkena dampak kejadian tersebut, termasuk desa Tamanan di Kabupaten Trenggalek; Desa Karangrejo, Bogoran, Send, Ngadimulyo di Kecamatan Kampak; dan Desa Wonocoyo di Kecamatan Panggul

Penyaluran BLT Subsidi BBM di Desa Terpencil LangkatPenyaluran BLT Subsidi BBM di Desa Terpencil Langkat TempoVideo

Memanfaatkan Lahan Kritis di Desa Masaran untuk Meningkatkan PADSRAGEN – Desa/Kecamatan Masaran, bagian dari kawasan industri di Kabupaten Sragen. Peluang ini dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dengan mengubah lahan kritis menjadi lahan parkir bagi pekerja pabrik. Siapa sangka bisa mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) hingga Rp dengan layanan valet ini

Liputan6.8/10/2022 Jangan Lewatkan Nasional 10/9/2022 – 06:42 Indonesia sudah memasuki musim hujan high risk games.

com, Jakarta Desa Banyusumurup, Giirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta sudah lama dikenal dengan Desa Keris. Dikenal sebagai rumah para pengrajin keris, desa Banyusumurup juga merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Pengrajin keris di desa Banyusumurup telah terlibat dalam pembuatan keris selama tiga abad. Daihatsu Rocky Promotion, harga mobil Rp 200 juta jadi hanya Rp 99. Hingga saat ini keris dari desa ini sudah dipercaya dan terkenal hingga ke mancanegara. BACA JUGA: Ajaran Erick Thohir, Milenial Askrindo Ikuti Program Relawan BUMN BACA JUGA: Mitra Binaan Askrindo Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pria asal Desa Banyusumurup ini telah menjadi pengrajin keris sejak tahun 1994. Sumatera 9/10/2022 – 15:16 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan serangkaian razia di Medan, Sumatera Utara dan Palembang, Sumatera Selatan pada 4-6 Oktober 2022.

Keahlian dan keahliannya dalam membuat keris didapat dari nenek moyang dan orang tuanya, dan ia juga belajar membuat keris buatannya dari tetangga dan perajin keris lainnya. Kepala Desa Kadokan Suyono menceritakan kisah Desa Kadokan yang terbagi menjadi dua bagian pada tahun 1980-an akibat program pelurusan Sungai Bengawan Solo. Berawal dari keinginan untuk melestarikan budaya dan meneruskan nenek moyangnya yang merupakan Pengrajin Keris, ia langsung menjadi Pengrajin Keris sejak lulus SMA pada tahun 1994. Jiwa wirausahanya membuat Marjono serius membangun bisnis yang menguntungkan. Dalam melanjutkan usahanya, Marjono menemui beberapa kendala, salah satunya adalah permodalan. [Dulu] Bengawan Solo punya program untuk meluruskan Kali Bengawan Solo, kemudian mengambil tapak di tengah kampung, sehingga dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Kebayan Satu dan Dua,” kata Suyono. Awalnya, Marjono menggunakan dana pribadi sebagai modal untuk memulai usaha kerajinan keris, namun karena permintaan yang tinggi terhadap keris, Marjono memanfaatkan fasilitas pinjaman bank. Nasional 9/10/2022 – 09:43 Richard Eliezer alias Bharada E berpotensi menjadi pahlawan jika berhasil mengungkap kebenaran di balik kasus pembunuhan yang dipimpin Ferdy Sambo.

“Dari tahun 1994 hingga 2013 saya menggunakan sedikit modal untuk lebih mengembangkan bisnis Keris ini, namun pada tahun 2014 saya mengikuti program Kredit Usaha Rakyat dari salah satu bank BUMN untuk meningkatkan dan lebih mengembangkan bisnis Keris ini,” ujarnya. * Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, harap menghubungi nomor cek fakta Liputan6 melalui WhatsApp. Kemudian RW 002 di Dukuh Moro yang terkena Death Times, RW 003 di Dukuh Kadokan dan Dukuh Karangale.com 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan. 2 dari 3 halaman Awal Marjono mengatakan bahwa pada awalnya ketika mengajukan KUR pada tahun 2014 ia “hanya” menerima tambahan modal kerja sebesar Rp 10 juta dan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya hingga ia mendapatkan modal KUR pada tahun 2022 sebesar Rp 50 juta. . Kepiawaiannya sebagai perajin keris terkenal hingga ia berhasil mengekspor kerisnya ke Malaysia dan Thailand. Baca Juga: Setelah pelurusan Bengawan Bengawan Solo selesai, kata Suyono, dua sungai berikut, yakni Bengawan Solo Lama dan Kali Gejikan (dari arah Kecamatan Grogol di timur) berhenti berfungsi. Tragedi kerusuhan menewaskan ratusan orang di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur pada Sabtu malam (1/10/2022).

Namun, sejak virus corona melanda Indonesia, pendapatannya turun drastis hingga tidak lagi mengekspor kerisnya. “Sebelum pandemi, saya rutin mengekspor keris setiap bulan, dan saya juga menerima pesanan dari hampir seluruh Indonesia, mulai dari oleh-oleh, pakaian adat pernikahan hingga pesanan dari peminat dan kolektor keris,” jelasnya. Harga keris yang dijual Marjono sangat bervariasi, mulai dari kelas untuk oleh-oleh hingga harga Rp. Suyono melanjutkan, sungai-sungai yang mati otomatis dibiarkan tidak terawat sehingga menjadi kawasan eceng gondok yang tumbuh subur.50.000 hingga Rp.

100. Baca juga: Mekanik Berusia 65 Tahun di Sukoharjo Merakit Pesawat Rakitan dari Besi Bekas “Warga Dukuh Ngrantan memanfaatkan eceng gondok, diambil, dikeringkan, lalu dikepang dan dipasarkan ke Yogyakarta untuk dibuat semacam tas, lanjut benteng Suyono 000, untuk upacara adat manten biayanya antara Rp 150.000 sampai Rp. Tapi sekarang jumlah orang yang bekerja sebagai petani sudah berkurang menjadi 500.

000 sedangkan untuk pesanan khusus atau Ageman harganya Rp 5 juta hingga Rp. Dulu lahan kami sekitar 30 hektar, sekarang tersisa sekitar 15 hektar, lahannya sudah milik pengusaha,” lanjut Suyono. “Harganya bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan, misalnya keris ini yang harganya puluhan juta, ada hiasan emas 24 karat dan lekukan pada keris juga dibuat dengan tangan dan bisa selesai dalam satu atau bahkan tiga bulan,” jelasnya. Tampilan 3 dari 3 halaman dukung UMKM Selain kemudahan akses permodalan, keterlibatan multi pihak dalam pengembangan usaha UMKM sangat dibutuhkan Baca juga: BANJIR SUKOHARJO: Air Kali Solo Terus Naik, Warga Persiapkan Evakuasi Warga yang Tinggal di Tempat Baru wilayah sungai memiliki beberapa kendala karena harus melewati beberapa desa.

Melalui program Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), PT Askrindo mendukung UMKM, termasuk pengrajin keris di Desa Banyusurup, Yogyakarta, untuk mengembangkan usaha dengan melestarikan budaya Jawa. Askrindo mendukung UKM pengrajin keris dalam mendapatkan pinjaman yang mudah dari bank. Denny S. Adji, Sekretaris Perusahaan PT Askrindo, menjelaskan peran Askrindo selain mendukung akses permodalan UMKM, juga mendukung pertumbuhan UMKM dalam meningkatkan kapasitas produktif UMKM tersebut. Daftar dan berlangganan sekarang. Dorongan ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi nasional yang digagas pemerintah sejak awal pandemi 2020. “Pengrajin keris ini harus terus diperhatikan dan dilestarikan karena keris ini merupakan warisan budaya di Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Dengan mendukung UMKM, kami berusaha mendorong UMKM di daerah untuk memanfaatkan masa pemulihan ekonomi ini untuk pengembangan usaha,” ujar Denny. Pendaftaran Espos Plus. *BACA BERITA TERBARU LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

Source: headtopics.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button