Asal usul kota Bandung, sebuah daerah populer di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Timur

Asal usul kota Bandung, sebuah daerah populer di Jawa Barat

Asal usul kota Bandung, sebuah daerah populer di Jawa Barat

Bandung (Beritajatim.com) – Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang sangat populer dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Bandung terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menarik dan mempesona. Dinginnya juga menjadi daya tarik sekaligus penambah pesona alamnya.

Bandung semakin populer, apalagi setelah sering menjadi lokasi syuting berbagai film Indonesia. Belum lagi banyaknya wisata alam, sejarah dan kuliner. Maka tak heran jika semakin banyak orang yang ingin berkunjung ke Bandung untuk menghabiskan waktu liburannya.
Mengetahui asal usul kota bandung

Kali ini kita tidak akan membahas banyak pesona atau atraksi yang ditawarkan kota Bandung. Namun kita akan membahas tentang asal usul atau sejarah lahirnya kota bandung. Kisah ini tentunya sangat menarik dan perlu Anda baca sampai tuntas.

Menurut media online hoperakyat.com, dahulu kala di Jawa Barat ada sebuah gunung yang bernama Gunung Sunda. Gunung yang kokoh ini kemudian meletus hingga temboknya runtuh dari ketinggian 3.500 hingga 4.000 meter di atas permukaan laut. Akibat letusan gunung berapi ini, terbentuklah sebuah danau besar yang disebut Danau Bandung Purba.

Gunung Tangkuban Perahu kemudian muncul di danau ini. Dalam beberapa tahun, Tangkuban Perahu meletus beberapa kali.

Material letusan memenuhi area sekitar gunung hingga akhirnya Danau Bandung Purba terbagi menjadi dua bagian yaitu barat dan timur.

Seiring berjalannya waktu dan aktivitas gempa yang terjadi, tebing-tebing di masing-masing Danau Bandung Purba terkikis menjadi gua. Akhirnya air keluar dari danau hingga danau mengering. Danau kering ini kemudian membentuk kawasan daratan Bandung yang dikelilingi pegunungan.

Penetapan kota Bandung
Sebelumnya, Bandung memiliki ibu kota di daerah Dayeuhkolot atau Karapyak. Daerah tersebut menjadi pusat pemerintahan Hindia Belanda dan pusat perdagangan dan kekuasaan VOC. Tahun 1799 VOC bangkrut dan kekuasaannya berakhir, juga di Bandung.

Setelah berakhirnya kekuasaan VOC, pemerintah Bandung juga melakukan reformasi struktur pemerintahan. Gubernur Jenderal Daendels memerintahkan RA Wiranatakusumah II, Bupati Bandung, untuk memindahkan ibu kota Kabupaten Bandung.

Lokasi yang dituju adalah titik 0 kilometer Bandung yang saat ini dikenal dengan nama Jalan Asia Afrika Bandung. Keputusan resmi untuk memindahkan ibu kota dikeluarkan pada 25 September 1810. Ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Bandung.

Nama Bandung sendiri berasal dari kata bendung atau dam, tergantung bagaimana daerah Bandung terbentuk. Sedangkan menurut filosofi Sunda, nama Bandung berasal dari ungkapan Ngabandungan Banda Ingung.

Artinya, semua makhluk hidup dan benda mati di bumi Pertiwi disaksikan oleh Yang Maha Kuasa.

Demikianlah pembahasan tentang munculnya kota Bandung Jawa barat mulai dari sejarah pembentukan wilayahnya hingga tujuannya. (ted)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button